Cara Masuknya Islam Ke Nusantara

Islam masuk ke Indonesia melalui beberapa jalur. Diantaranya, perdagangan, hubungan sosial politik, dan pengajaran.


  A.  Perdagangan

Kesibukan lalu lintas perdagangan pada abad ke – 7 hingga abad ke – 16 membuat para pedagang muslim dari Arab, Persia, maupun India turut ikut andil dalam perdagangan di Nusantara. Proses perdagangan ini menguntungkan, karena para raja dan bangsawan ikut terlibat. Mereka berhasil mendirikan masjid dan mendatangkan para penyiar dakwah dari luar.
b.    B.  Hubungan sosial dan politik

Penyebaran Islam melalui hubungan ini ada dua cara, diantaranya:

1.       Melalui Perkawinan

Para pedagang muslim mempunyai status sosial yang tinggi dibanding rakyat setempat. Hal ini menjadi daya tarik bagi para bangsawan untuk menikahkan anaknya dengan pedagang muslim atau anaknya. Mereka mempunyai keturunan, pada akhirnya timbul kampung-kampung, daerah-daerah, hingga kerajaan-kerajaan muslim.

2.       Jalur Politik

Masuk Islamnya raja atau bangsawan sangat berpengaruh terhadap keyakinan yang dianut oleh rakyatnya. Kerajaan Islam yang sudah berdiri pun menaklukkan daerah baru yang belum masuk Islam, atau membantu kerajaan lain dengan syarat masuk Islam. Seperti Raden Patah membantu pangeran Samudra memerangi Kerajaan Daha, setelah menang maka pangeran beserta rakyatnya masuk Islam.

c.   C.   Pengajaran

Melalui pengajaran ini, ada tiga cara penyebaran ajaran Islam di Indonesia, yaitu :

1.       Pendidikan

Pesantren, surau, dan masjid sebagai tempat Islamisasi pendidikan terhadap masyarakat setempat. Para santri yang telah selesai pendidikannya dari pesantren,  mereka pulang ke kampung masing-masing atau berdakwah ke tempat lain untuk mengajarkan agama Islam.

2.       Kesenian

Para mubalig ikut menyebarkan ajaran Islam melalui kesenian, seperti wayang, sastra, dan berbagai kesenian lainnya. Misalnya Sunan Kalijaga memainkan wayang dalam rangka berdakwah. Tentunya kisah Mahabrata dan Ramayana disisipkan ajaran dan nama-nama pahlawan Islam.

3.       Tasawuf

Kehidupan Mistik bagi masyarakat Indonesia sudah menjadi bagian bagi kepercayaan mereka. Penyebaran tasawuf Islam ke masyarakat Nusantara mudah diterima.


(rangkuman dari buku SKI Mts kelas 9 karya Mukarom)

Comments