Permulaan Wahyu

Menjelang usia 40 tahun, Rosulullah Saw. belum merasa puas atas keberhasilan yang diraihnya dalam bidang ekonomi dan sosial. Beliau merasakan ada sesuatu yang tidak beres dalam kehidupan masyarakat Mekkah. Hal inilah yang menyebabkan beliau lebih sering melakukan menyendiri di dalam gua Hira.


Menurut Umar Abdul Jabbar, Rosulullah Saw. melakukan ibadah menurut ajaran Nabi Ibrahim dari sepuluh hari sampai sebulan lamanya. Apabila perbekalannya habis, beliau kembali ke rumahnya untuk mengambil bekal dari Khadijah dan kembali lagi ke gua Hira.


Menjelang permulaan wahyu beliau bermimpi melihat cahaya terang laksana fajar menyingsing di pagi hari.  Setiap melintasi pohon atau batu selalu mengucapkan salam kepadanya, “Assalamu’alaika ya Rosulullah!”. Beliau menoleh kesana kemari, namun tidak melihat siapa pun selain pohon dan bebatuan.

Ketika saatnya tiba, pada tanggal 17 Ramadhan, malaikat Jibril datang kepada beliau ketika berada di dalam gua Hira. Malaikat Jibril berkata, ‘Bacalah!’. Beliau menjawab, ‘Aku tidak bisa membaca’. Beliau menuturkan, ‘ia kemudian meraihku dan merangkulku hingga letih, setelah itu melepaskanku.’ Ia berkata,’Bacalah!’ Aku menjawab, Aku tidak bisa membaca.’ Ia kemudian meraihku dan merangkulku untuk ketiga kalinya hingga aku letih, setelah itu ia melepaskanku lalu berkata:

Bacalah dengan nama Rabbmu yang telah menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah,  dan Tuhanmu Maha Mulia, Yang mengajar (manusia) dengan pena, Dia mengajar manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS. Al-Alaq (96):1-5)

Rosulullah Saw. segera pulang dalam keadaan gemetar seluruh tubuhnya menemui Khadijah seraya berkata, ‘Selimutilah aku...semutilah aku..’ Kemudian beliau diselimuti hingga rasa takutnya hilang. Lalu beliau berkata,’Wahai Khadijah, kenapa aku ini?’ Beliau menceritakan apa yang terjadi dan beliau mengkhawatirkan dirinya. Khadijah berkata kepada beliau, ‘Sekali-kali tidak!Bergembiralah, karena demi Allah, Allah tidak akan menghinakanmu selamanya, kau menyambung tali kekeluargaan, jujur bertutur kata, menanggung beban, membantu orang miskin, menjamu tamu, dan membantu orang-orang yang kesusahan.’

Beliau bersama Khadijah datang menemui  Waraqah bin Naufal. Salah seorang paman Khadijah, pada masa jahiliyah ia menganut agama Nasroni. Seorang yang pandai menulis huruf Ibrani, seorang yang sudah lanjut usia dan telah kehilangan penglihatannya.

Rosulullah Saw. menceritakan peristiwa yang dialaminya kepada Waraqah bin Naufal. Waraqah berkata,’itu adalah Malaikat yang pernah diutus Allah  kepada Musa. Alangkah bahagianya seandainya aku masih muda perkasa! Alangkah gembiranya seandainya aku masih hidup tatkala kamu diusir oleh kaummu!’ Rosulullah Saw bertanya,’Apakah mereka akan mengusirku?’ Waraqah menjawab, ‘Ya. Tak seorang pun yang datang membawa seperti yang kamu bawa kecuali akan diperangi. Seandainya kelak aku masih hidup dan mengalami hari yang akan kamu hadapi itu, pasti akan kubantu sekuat tenagaku.’

Tak lama kemudian, Waraqah bin Naufal meninggal dunia. Menurut riwayat Baihaqi terhentinya wahyu kepada Rosulullah Saw. selama 6 bulan. Khadijah binti Khuwalid adalah orang yang pertama mendapat pancaran  sinar nubuwah Rosulullah Saw., begitu pula Waraqah bin Naufal akan menyaksikan mentari Rosulullah Saw. kian beranjak naik andaikan dia masih hidup. Seperti mimpinya Rosulullah Saw. menjelang kenabian, beliau lah yang telah diutus oleh Allah Swt. Untuk menyinari kegelapan dunia ini dengan cahaya Tauhid. Inilah titik mula perubahan akan dimulai.

0/Post a Comment/Comments