Para Utusan Luar Mekkah Yang Masuk Islam

Di Tengah terjadinya gangguan, siksaan, dan pemboikotan ekonomi terhadap Rosulullah dan sahabatnya, datanglah orang-orang yang berjumlah 30 lebih bersama Jafar bin Abi Thalib kepada Rosulullah.  Mereka beragama Nasroni yang berasal dari Habsyah. Setelah bertemu seraya mendengarkan ayat-ayat al-Qur’an yang dibacakan oleh Rosulullah Saw. mereka masuk Islam.

Ketika berita ini sampai kepada Abu Jahal, ia segera mendatangi mereka seraya berkata, “Kami belum pernah melihat utusan yang paling bodoh kecuali kamu! Kamu diutus oleh kaummu untuk menyelidiki orang ini, tetapi sebelum kamu duduk tenang dihadapannya, kamu sudah melepaskan agamamu dan membenarkan apa yang yang diucapkannya.” Mereka menjawab, “Semoga keselamatan atasmu. Kami tidak mau bertindak bodoh seperti kamu. Biarlah kami mengikuti pendirian kami dan kamu pun bebas mengikuti pendirianmu. Kami tidak ingin kehilangan kesempatan yang baik ini.”

Berkaitan dengan ini, turunlah al-Qur’an surat al-Qashash ayat 52-55.

Disimpulkan dari Sirah Nabawiyah karya Muhammad Said Ramadhan al-Buhty


*Dalam sirahnya karya Umar Abdul Jabbar menyatakan mereka berasal dari Nasroni Najran. Najran  berada antara Yaman dan Mekkah. Mereka mendatangi Rosulullah melalui perantara yang hijrah ke Habsyah. Wallahu ‘alam



0/Post a Comment/Comments