Saturday, April 8, 2017

KAMMI Aceh adakan Diskusi Sosial Entrepreneur

Kehidupan sosial masyarakat saat ini sungguh memprihatinkan.  Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya permasalahan yang muncul di tengah masyarakat saat ini khususnya di bidang ekonomi.  Mulai dari tingginya angka kemiskinan, pengangguran,  kriminalitas dan kesenjangan sosial.

Dalam hal ini PW KAMMI Aceh melalui program NGOPI (Ngobrol Pemuda Islami) mengadakan diskusi publik dengan mengundang pemateri Ibu Tatiek Kancaniati penggagas wisata bisnis Tegalwaru,  kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Diskusi ini diadakan dengan mengusung tema “Pemuda dan Semangat Wirausaha”, yang dilaksanakan hari Sabtu 8 April 2017  di Duek Pakat Coffe, Pango, Banda Aceh.

Ketua Umum PW KAMMI Aceh Tuanku Muhammad mengatakan bahwa diskusi ini bertujuan untuk meningkatkan semangat berwirausaha bagi pemuda Aceh. Saat ini pemuda Aceh masih sangat sedikit yang menggeluti wirausaha. Akibatnya banyak pemuda yang menjadi pengangguran karena lebih memilih menjadi pegawai negeri sedangkan untuk menjadi pegawai negeri sangat sulit,  ujarnya.

“Dengan adanya diskusi ini kita harapkan semakin banyak pemuda Aceh yang tercerahkan dan ingin mencoba membuka lapangan kerjanya sendiri tanpa harus berpangku tangan sama pemerintah,”katanya.

Adapun Tatiek Kancaniati selaku pemateri menyampaikan bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh pemuda di bidang wirausaha.  Salah satunya melalui sosial entrepreneur.  Sosial entrepreneur bisa menjadi ajang untuk membangun sosial yang lebih baik dan juga mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di sekitar kita,  ucapnya.

“Penting bagi pemuda sekarang untuk menjadi pahlawan bagi masyarakat melalui pengembangan sosial entrepreneur. Apalagi ada banyak hal yang bisa kita kembangkan dengan melalui usaha kerajinan tangan, daur ulang sampah, menjahit dan lainnya.” sebut Tatiek penggagas Wisata bisnis Tegalwaru.

Kemudian Ibu Tatiek juga mengajak para pemuda Aceh yang hadir di Diskusi NGOPI untuk menjadikan kegiatan sosial entrepreneur sebagai salah satu cara menyalurkan hobi dan menyelesaikan permasalahan masyarakat di sekitarannya.

Akhirnya diskusi NGOPI ditutup dengan pemberian piagam penghargaan oleh Ketua Umum PW KAMMI kepada pemateri dan foto bersama dengan seluruh hadirin.

Banda Aceh,  8 April 2017

Ahsanul Abid, S. Pd.
Koordinator NGOPI

Artikel Terkait