Friday, April 7, 2017

Proses Berdirinya Kesultanan Islam Perlak

Ketika saya membaca buku Ensiklopedia Kerajaan Nusantara karya Nur Asiah bagian Perlak, saya baru mengetahui bahwasanya kerajaan Islam Perlak (Peureulak) lebih dulu berdiri daripada Kerajaan Islam Samudra Pasai.  Mungkin di antara kita hanya mengetahui bahwasanya kerajaan atau Kesultanan Islam pertama itu adalah Samudra Pasai.


Kesultanan Islam Perlak berdiri pada pertengahan abad ke-9 M, jauh sebelum Kerajaan Samudra Pasai berdiri. Letak Kesultanan Islam Perlak ini berada di pesisir timur dari Nangroe Aceh Darussalam.  Negeri Perlak lebih dulu ada sebelum Kesultanan Islam Perlak berdiri.

Proses berdirinya Kesultanan Islam Perlak tidak terlepas dari pengaruh hubungan dagang dengan para pedagang dari Timur Tengah. Kemana pun berlayar, para pedagang muslim selalu membawa sejumlah ulama. Di Perlak pun mereka selain berdagang, ya berdakwah juga. Para ulama yang dibawa oleh pedagang, mereka berdakwah di Perlak. Pada akhirnya Raja dan rakyat Perlak meninggalkan agama lamanya. Mereka menganut agama Islam setengah abad kemudian.

(Sumber : Artikelsiana.com)
Pada perkembangan berikutnya, salah seorang rombongan yang bernama Ali bin Muhammad bin Ja’far Shadiq menikah dengan Makhdhum Tansyuri yang merupakan adik raja Negeri Perlak yang bernama Syahir Nuwi. Kemudian dari pernikahan tersebut, lahirlah Alaiddin Sayyid Maulana Abdul Aziz Shah. Kemudian hari dia akan menjadi sultan pertama di Kesultanan Islam Perlak. Begitulah sejarah proses berdirinya Kesultanan Islam Perlak.

Sumber : Eksinklopedia Kerajaan Nusantara karya Nur Asiah

Artikel Terkait