Gerakan Desa Berkebun Rumah Zakat Berhasil Panen Raya

(Wayan Sohib bersama petani)

Subang 17/10/17. Gerakan Desa Berkebun yang telah digulirkan Rumah Zakat melalui program Desa Berdaya melakukan panen raya di Desa Sindangsari Kec.Cikaum Kab.Subang. Ditengah kondisi kekeringan, Satim salah satu member Gerakan Desa Berkebun Rumah Zakat dengan memanfaatkan lahan sawah miliknya berhasil melakukan panen raya untuk jenis tanaman berupa pare, kacang panjang dan kacang tanah.



Fasilitator Muda Rumah Zakat dari Subang yakni Wayan Sohib mengungkapkan mengenai agenda sosiopreneur tersebut bahwa, "Atas kesabaran dan kegigihan bertani para member Gerakan Desa Berdagang panen raya ini selain jelas bisa menghasilkan pundi-pundi rezeki, juga bisa dikonsumsi untuk makanan sehari-hari keluarga, semisal pare atau paria merupakan sayuran yang terkenal pahit dan segarnya, namun kaya akan vitamin berupa vitamin A, bisa juga untuk menurunkan gula darah dan meningkatkan stamina tubuh."

Katim sebagai salah satu member binaan Rumah Zakat pun mengungkapkan rasa syukurnya, juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Rumah Zakat yang telah memberi bantuan kepadanya berupa pendampingan tani hingga panen, selain pula donasi obat hama dan pupuk.

Sebagaimana dijelaskan Wayan Sohib, Gerakan Desa Berkebun tersebut merupakan salah satu jawaban kecil atas semakin berkurangnya lahan pertanian saat ini yang sudah banyak berubah wajah menjadi lahan perumahan dan perindustrian, yang tentu jika dilakukan dengan sporadis akan mengancam potensi masa depan pertanian dan perkebunan untuk anak cucu, tidak hanya di kota, di desa pun tak luput menerima fenomena pergeseran tersebut. Terlebih generasi milenial hari ini semakin sulit menemukan yang mau turun menggarap lahan sawah dan perkebunan.
Hal ini tentu menjadi tantangan bersama sekaligus bisa menjadi peluang yang perlu direspon secara positif agar Indonesia tetap hijau dan sehat.

0/Post a Comment/Comments