Krisis Kepemimpinan Kader Parpol

Menjelang pilgub Jabar 2018, sudah muncul beberapa kandidat. Dukungan kandidat datang ke RK mulai dari Nasdem, PKB, PPP dan terakhir Golkar walau belum resmi deklarasi. Demiz juga kandidat yang telah resmi didukung oleh PAN, walau sebelumnya kader PAN ada yang akan dimajukan yaitu Bima Arya atau Desy Ratnasari, tapi kandas ditengah jalan. Sama halnya dengan Dedi Mulyadi, walau ketua Golkar Jabar, tetapi tidak bisa berkutik saat keputusan pusat dialihkan ke orang lain, yang bukan kader partainya.

PDI Perjuangan masih melakukan penjaringan, belum mengkrucut ke kandidat. Ada kemungkinan mencalonkan pasangan sendiri, karena memenuhi qouta 20 kursi, atau mengusung kandidat non kader partai yang sudah ada. Disisi lain, Gerindra dan PKS masih ada dinamika politik yang belum selesai, tetapi sepertinya dua partai ini akan belajar dari pengalaman pilwalkot Bandung. Sehingga ada keinginan untuk mengusung kader partainya sendiri yang akan menjadi kandidat pilgub. Sedang partai demokrat belum menentukan sikap dan pilihan politiknya, masih mengkaji dan melihat peluang. Ada kemungkinan mengusung kadernya atau mendukung kader partai lain.


Proses politik itu, menimbulkan pertanyaan mendasar, kenapa beberapa partai itu mendukung kandidat yang bukan kader partai? Tidak adakah kadernya yang potensial? atau tidak berjalankah kaderisasi partai? 

Kabarnya partai adalah kawah candra dimuka, tempat lahir para pemimpin bangsa, termasuk kepala daerah. 

Kontestasi pilkada memang proses meraih kemenangan, sehingga segala upaya dilakukan. Namun, perlu diingat bahwa pergiliran pilkada itu periodisasi, 5 tahun bisa dirancang persiapan meraih kemenangan oleh kader partai. Waktu yang cukup lama.

Pelatihan, pendidikan, pembinaan dan pewarisan bisa dilakukan dalam waktu itu. Akhirnya partai punya kader potensial. Jika proses itu tidak berjalan, maka kaderisasi partai akan terhambat. Bahkan partai itu akan padam hingga bubar jika tidak bisa melakukan kaderisasi dan regenerasi.
_Edi 86_

0/Post a Comment/Comments