Rumah Tanpa DP, Ada Biaya Lagi Di Luar Dp

Oleh Iman Munandar*

Malam ini saya seorang ditelepon oleh buyer yang menanyakan informasi rumah tanpa Dp di daerah Bandung, terutama dekat ke Lembang. Saya bilang, adanya Dp 10% bisa dicicil untuk rumah 2 lantai (karena inginnya 2 lantai). Sebagian ada yang siap huni, sebagian indent. Buyer saya bersikukuh ingin rumah tanpa Dp, dia bilang rumah tanpa Dp pasti laku.

Saya berpikir sejenak, bisa jadi dia tahunya rumah tanpa Dp itu tidak ada lagi biaya apa pun. Nah kebanyakan diantara bisa jadi berpikiran sama dengan buyer saya yang disebutkan barusan.

Ada buyer saya yang lain akhirnya curhat, dia mengira Dp 20jt itu tidak ada lagi biaya lain. Begitu akad, dia kaget ternyata ada biaya lagi. Akhirnya dia membatalkan transaksinya, uang Dp yang dia setor kena potong. Dan saya pun pernah kena marah oleh buyer gara-gara Dp 5juta itu sudah all in. Maklum waktu masih newbie masalah seluk beluk property,hehehe

Perlu yang diketahui oleh buyer ketika lihat iklan rumah tanpa Dp atau Dpnya rendah sekali ada biaya lain di luar itu. Biaya apa saja? Tergantung pada developer perumahan. Buyer harus jeli lihat dan baca tabel harga, dan tanyakan total Dp berapa.

Ada tambahan biaya proses KPRnya saja, ada juga tambahan biaya notaris,BPHTB, PPN atau AJB. Berapa hitungan biaya proses KPR, biasanya sekitar 4 % sampai 6 %. Dihitungnya dari plafon KPR.
Misal rumah tanpa Dp, di dalam keterangan tabel hanya belum termasuk biaya proses KPR. Nah hitungannya misal besaran biaya proses KPR 5%. Sedangkan plafon KPR sebesar 100juta, 100juta dikali 5%. Berarti biaya yang harus dikeluarkan sebesar 5juta.

Sekian dulu dari saya. Dalam waktu dekat, insya Allah saya akan sharing tentang properti. Bila ada kesalahan, mohon koreksinya.


Iman Munandar, konsultan dan marketing property murah di Bandung, Cimahi, dan Cianjur.

0/Post a Comment/Comments