SMA PLUS AL - 'ATHIYAH, kunjungan belajar ke Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala.

Salah satu kajian keilmuan biologi yang sering diperbincangkan adalah mikrobiologi. Munculnya berbagai penyakit di tengah-tengah masyarakat yang disebabkan oleh virus maupun bakteri, memperkuat alasan tentang perlunya mempelajari mikrobiologi.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan siswa, dan untuk mempelajari secara lebih detail tentang mikrobiologi, SMA Plus Al-'Athiyah yg dikenal dengan sekolah yang concern di bidang menghafal alquran, mengadakan kunjungan belajar ke laboratorium mikrobiologi Fakultas Kedokteran unsyiah pada Rabu (11/10/2017).


Kegiatan yang diikuti oleh 38 orang siswa-siswi SMA Plus Al-'Athiyah ini dibimbing oleh beberapa dosen FK yang ahli di bidangnya, diantaranya adalah Dr. dr.  Zinatul Hayati, M. Kes.,  Sp. MK. dan  Dr. Wilda Mahdani M.Si., M. Ked. Klin., Sp.MK.  yang ahli di bidang mikrobiologi, Drh. Azmunir, M.Sc. yang merupakan ahli zoologi dan botani, serta Dr. Safarianti, M.Si.  yang ahli di bidang parasitologi.

Dalam kesempatannya, dr. Zinatul Hayati menyampaikan tentang struktur virus dan bakteri serta bagaimana cara penyebarannya ketika menyerang makhluk hidup.  Beliau juga menjelaskan tentang bakteri baik dan bakteri jahat yg ada dalam tubuh manusia.

Dr. Wilda menjelaskan tentang  peranan ilmu mikrobiologi dalam berbagai bidang seperti bidang kedokteran, farmasi, bahkan dalam bidang pertanian. Beliau menghimbau kepada seluruh siswa agar tidak menggunakan antibiotik secara sembarangan, karena hal tersebut justru dapat membunuh bakteri baik yang ada pada tubuh.

Dalam kesempatan yg sama,  Dr. Safarianti, M. Si.  juga menjelaskan tentang berbagai spesies parasit yang rentan terhadap penyebaran penyakit pada manusia, terutama anak-anak. Oleh karena itu, beliau menghimbau agar seluruh siswa selalu menjaga kesehatannya untuk menghindari penyakit-penyakit yang dapat mengganggu kesehatan.

Dari serangkaian kegiatan ini diharapkan agar seluruh siswa siswi SMA Plus Al-'Athiyah , selain terus meningkatkan kemampuannya dalam menghafal alquran , juga terus meningkatkan kemampuan di bidang ilmu pengetahuan alam agar lahir generasi-generasi peneliti yg hafal alquran.

Oleh: Nurismi, S.Pd. (Guru Biologi SMA Plus Al-'Athiyah)

0/Post a Comment/Comments