Isra Mi’rajnya Rosulullah Saw.

                                                              Oleh Iman Munandar

Syekh Abu Bakar Jabir al-Jaza’iri menyebutkan dalam Sirahnya, Isra Mi’raj terjadi pada tahun 10 kenabian dan merupakan bonus Robbani atas segala keletihan, duka derita, dan kesedihan yang dihadapi Rosulullah Saw. Peristiwa ini terjadi setelah pemboikotan ekonomi selama 3 tahun, wafatnya Khadijah dan Abu Thalib, dan pengusiran secara kejam oleh bani Tsaqif di Thaif.
(Sumber : sahabatalaqsha.com)

Peristiwa Isra ini dimulai dari rumah Ummu Hani’. Dari sana Rosulullah dibawa ke Masjidil Haram oleh malaikat Jibril, ke tempat di antara Hijr dan tembok Ka’bah. Di sana dilaksanakan proses pembelahan dada beliau. Hati beliau dikeluarkan lalu dicuci dengan air Zamzam. Selanjutnya baskom emas penuh berisi iman dan hikmah didatangkan, lalu dituangkan kembali ke hati beliau. Setelah itu hati dikembalikan ke tempat semula. Selanjutnya hewan tunggangan bernama Buraq didatangkan. Beliau mengendarai Buraq ini ke Masjidil Aqsha di Palestina. Buraq tersebut diikat oleh beliau di pintu Masjid. Beliau masuk masjid, lalu melaksanakan shalat.


Rosulullah Saw. Naik ke langit bersama malaikat Jibril. Pintu langit terbuka untuk beliau. Setiap tingkatan langit sampai langit ke tujuh, beliau bertemu dengan para Nabi dan malaikat. Di langit pertama, beliau bertemu dengan Nabi Adam. Di langit kedua bertemu dengan Nabi Isa dan Yahya, mereka berdua saudara sepupu.  Di langit ketiga, bertemu dengan Nabi Yusuf. Di langit ke empat, bertemu dengan Nabi Idris. Di langit ke lima, bertemu dengan Nabi Harun. Di langit ke enam, bertemu dengan Nabi Musa, dan di langit ke tujuh bertemu dengan Nabi Ibrahim.

Setelah itu, Rosulullah Saw. naik ke Sidratul Muntaha. Baitul Ma’mur diangkat untuk beliau. Beliau ditawarkan oleh malaikat Jibril berupa satu wadah berisi khamr, satu wadah berisi madudan satu wadah berisi susu.  Malaikat Jibril berkata, “Itulah fitrah di mana kau dan umatmu diciptakan menurut fitrah itu.”

Saat itu Rosulullah Saw. Menerima perintah Allah berupa shalat sebanyak 50 waktu dalam sehari. Saat kembali, beliau bertemu dengan Nabi Musa. Nabi Musa bertanya kepada beliau, lalu beliau memberitahukan kepadanya.  Nabi Musa meminta beliau untuk kembali kepada Rabb untuk meminta keringanan, karena Nabi Musa sudah berpengalaman menangani Bani Israil. Nabi Musa khawatir jika umat beliau mengalami seperti yang dialami umat Nabi Musa. Beliau kembali kepada Rabb-Nya, memohon keringanan. Dan terus bolak balik, akhirnya shalat diwajibkan hanya 5 waktu dalam sehari.
Rosulullah Saw. Turun bersama malaikat Jibril ke Baitul Maqdis, dan para Nabi pun turun mengantar Rosulullah.  Beliau meingimami mereka dalam shalat di Masjidil Aqsha. Setelah itu, beliau mengendarai Buraq dan tiba pagi harinya di Mekkah.

Berita Isra Mi’raj semalam menjadi berita besar di kota Mekkah. Merasa aneh dengan peristiwa tersebut, sebagian umat Islam yang belum kuat imannya murtad kembali. Kafir Quraisy menanyakan dengan sinis kepada Abu Bakar. Dia membenarkan peristiwa yang dialami oleh Rosulullah Saw. Maka dari sinilah dia mendapatkan gelar ‘Sidiq’.

Sebagian kafir Quraisy hendak menguji Rosul tentang ciri-ciri Baitul Maqdis. Dengan pertolongan Allah, beliau bisa menjawabnya dengan benar. Lalu ditanyakan kembali tentang kafilah dagang Quraisy yang kembali dari Syam. Lagi-lagi beliau menjawabnya, dan jawaban beliau bisa dibuktikan dengan benar ketika besok harinya kafilah yang dimaksud sudah tiba di Mekkah.  Namun tetap saja, sebagian besar kaum kafir Quraisy tidak mau beriman kepada Allah dan Rosul-Nya.

*Disimpulkan dari Sirah Nabawiyah karya Abu Bakar Jabir al-Jaza’iri


                                                                                            

0/Post a Comment/Comments