Saturday, November 4, 2017

Sudah Mantap Beli Rumah Secara KPR, Ini yang Perlu Disiapkan..

Oleh Iman Munandar

Sebenarnya tulisan ini nyambung dengan tulisan sebelumnya tentang Rumah tanpa Dp. Masih banyak orang yang ingin beli rumah terjebak dengan iklan promo tanpa Dp atau Dp sangat rendah sekali. Banyak yang tidak tahu berapa biaya total yang harus dikeluarkan. Karena memang Kebanyakan para marketing perumahan tidak mempublikasikan berapa biaya total sampai menerima kunci rumah.
Ada juga yang sudah  mantap dan cocok dengan rumah tersebut, namun begitu tahu ada biaya lain, langsung mundur. Banyak yang mengira misal rumah dengan Dp 5jt, sudah tidak ada biaya lagi. Banyak kejadian seperti itu, terjebak dengan promo tanpa Dp dan Dp rendah yang bombastis.


Ini yang perlu diketahui oleh anda

1.       Income (gaji) minimal harus 3 kali cicilan
sudah menjadi ketentuan, bahwasanya cicilan KPR harus sepertiga dari income anda. Misal jika cicilannya 2 juta perbulan dengan tenor 20 tahun, berarti income anda (biar diterima KPRnya oleh Bank) harus 6 juta dan usia anda maksimal 35 tahun. Jika income anda tidak masuk dalam hitungan cicilan rumah, solusinya anda menambah Dp rumah agar cicilannya masuk pada income anda. Berapa Dp yang harus dibayar agar cicilan sesuai dengan income anda? Saat ini, tiap bank sudah ada aplikasinya dan sudah bekerjasama dengan beberapa market place. Anda bisa cek di sini buat simulasi KPR, http://imanmunandar.agenproperti123.com

2.       Biaya proses KPR
Ketika mantap dan yakin berjodoh dengan rumah, sudah tahu Dp dan Cicilannya, ada biaya lagi sampai menerima kunci rumah. Berapa total Dp yang harus dibayar, itu tergantung pada kebijakan developer. Setiap kebijakan developer berbeda-beda. Ada diskon Dp besar dalam iklan sudah all in, namun belum termasuk biaya KPR. Ada juga Dpnya 10% bisa dicicil, sudah termasuk biaya proses KPR dan Pajak. Ada juga Dp belum termasuk biaya BPHTB, dan sebagainya. Insya Allah ditulisan lain akan dibahas berapa biaya BPHTB.
Berapa biaya proses KPR? Biasanya 4% sampai 6% dari plafond KPR. Misal plafond KPR rumahnya 500juta (bila biaya tambahan hanya biaya proses KPR saja), biaya prosesnya sebesar 5%, berarti anda hanya menyiapkan dana 25juta ketika menjelang akad kredit rumah
Sekian dari saya. Mohon koreksinya oleh para pembaca jika tulisan ini ada keliru.
Iman Munandar
Konsultan dan Makketing Perumahan Di Bandung dan Cimahi



Artikel Terkait