Adakah Rumah Subsidi di Cimahi?


Memiliki rumah adalah impian semua orang. Apalagi jika lokasinya strategis dekat ke tempat kerja, sekolah, pasar, dan sebagainya. Cimahi merupakan salah satu kota di Jawabarat, lokasi berbatasan dengan kabupaten Bandung, kabupaten Bandung Barat, dan kota Bandung. Ya memang secara lokasi strategi kemana-mana, dan tentunya harga tanah permeternya lumayan lebih tinggi dari daerah padalarang Bandung Barat.

Sebagai marketing perumahan area Bandung Raya dan Cimahi, tidak sedikit para buyer menanyakan rumah dengan cicilan 1 juta-an daerah Cimahi. Yang perlu anda tahu, harga tanah permeternya rata-rata sudah 2.500.000 ke atas. Harga pasaran rumah type minimalis antara 400juta-an sampai 500juta-an. Kalau ambilnya KPR, angsurannya sekitar 4juta-an lebih dengan tenor 20 tahun. Agar pengajuan KPR anda diterima, berarti income anda perbulan harus 13juta s/d 15juta paling minimal. Jadi kesimpulannya di Cimahi sudah tidak ada perumahan subsidi.

Kalau kemampuan angsurannya rumah hanya 1 juta-an perbulan, saran saya ambil saja perumahan subsidi. Biasanya ada di Arjasari kabupaten Bandung.Toh memang tidak mungkin memiliki rumah secara KPR kemampuan angsurannya hanya 1 juta-an perbulan berada di lokasi Cimahi.

Perumahan subsidi umumnya berlokasi di suatu tempat, di mana harga tanah permeternya masih murah. Rata-rata di bawah 100ribu. Sepanjang pengetahuan saya, perumahan subsidi di area Bandung berlokasi di Arjasari, atau daerah lainnya yang harga tanahnya masih murah. 

Next time insya Allah akan bahas lagi tentang property.

Iman Munandar
Guru, Blogger, dan konsultant Property


0/Post a Comment/Comments