Peran Umar bin Abdul Aziz dalam Islamisasi pada bangsa Barbar


Umar bin Abdul Aziz dibaiat menjadi Khalifah pada bulan Shafar tahun 99 H. Ia menggantikan Sulaiman bin Abdul Malik, dan dikategorikan sebagai salah satu Khulafaur Rasyidin.
(salah satu masjid di Tunisia/Sumber Republika.co.id)
Diantara kebaikan Umar bin Abdul Aziz yang besar adalah mengutus sepuluh ahli fikih ke wilayah Afrika Utara untuk mengajarkan agama kepada para penduduknya.


Umar bin Abdul Aziz mengangkat Ismail bin Ubaidillah sebagai gubernur di Afrika Utara pada bulan Muharam tahun 99-100 H. Ismail bin Ubaidillah adalah sebaik-baiknya pemimpin.

Ibnu Khaldun berkata, “Seluruh bangsa Barbar masuk Islam pada masa pemerintahan Ismail bin Ubaidillah. Dia dikirim bersama 10 orang ahli fiqih (termasuk dia) di antara para tabi’in dan ulama mereka. Mereka mengajari urusan-urusan agama kepada para manusia, serta menjelaskan yang halal dan yang haram kepada penduduk Afrika Utara.”

Iman Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad, dan yang lainnya meriwayatkan hadist darinya. Dia tinggal di Kairouan (sebuah kota di Tunisia) untuk memberikan pengajaran kepada manusia dan menyebarkan as-Sunnah. Ia menetap di sana selama 33 tahun dan wafat di sana pada tahun 131 H.

So jangan alergi dalam masalah politik. Toh politik dan kekuasaan yang dilakukan oleh Umar bin Abdul Aziz dapat memberikan manfaat dan kebaikan yang besar terhadap bangsa Barbar, etnis asli di Afrika Utara.

*Sumber konten diambil dari buku berjudul Sejarah Daulah Umawiyah&Abbasiyah karya Ali Muhammad Ash-Shallabi.

Iman Munandar

0/Post a Comment/Comments