Mengenal Lembaga Pendidikan Islam Al-Khairat


Kali ini admin akan mengenalkan sedikit tentang Lembaga Pendidikan Islam  al-Khairat yang memiliki pengaruh cukup kuat di Indonesia timur. Lembaga pendidikan ini berpusat di Palu Sulawesi Tengah dan memiliki banyak cabang di hampir seluruh Indonesia bagian timur.

Lembaga Pendidikan Islam al-Khairat didirikan pada tanggal 30 Juni 1930 (14 Muharam 1394 H) oleh H. S Idrus bin Salim al-Jufri, seorang Arab keturunan Bugis yang lahir tahun 1889 di Taris, sebuah kota kecil di Provinsi Hadramaut, Arab Selatan. 

Pada awalnya H. S Idrus bin Salim al-Jufri hendak mendirikan pesantren di desa Wani, sekitar 25 km di sebelah utara kota Palu. Kemudian karena melihat kondisi masyarakat Palu lebih menguntungkan, maka dialihkanlah ke kota Palu. 

Masyarakat Palu menyambut baik berdirinya pesantren di daerahnya. Semula pesantren ditempatkan di tanah milik H. Quraisy di kampung Ujuna, tetapi kemudian dipindahkan ke rumah Dg Marotja di kampung Baru, Palu. Al-Khairat akhirnya berhasil membangun gedung sendiri atas bantuan masyarakat dan pemerintah setempat. Pasca meninggalnya H. S. Idrus bin Salim al-Jufri pada tahun 1969, perguruan al-Khairat berkembang pesat dan memiliki 400 cabang di daerah-daerah Indonesia bagian timur.

Kegiatan lembaga pendidikan Al-Khairat di bagi tiga;
      1.       - Lembaga pendidikan agama dimulai dari Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah berkiblat ke Departemen Agama
-          Lembaga pendidikan umum yang berjiwa Islam, seperti SD, SMP, SMA, SPMA, dan SMEA
      2.       Dalam bidang dakwah, al-Khairat mengupayakan berbagai kegiatan dakwah Islamiyah bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang Islami. Berbagai bentuk kegiatan ini selalu menggunakan nama Al-Khairat maupun pengurusnya secara individu
     3.       Dalam bidang sosial, al-Khairat berperan melaksanakan kegiatan kemasyarakatan . Diantara kegiatan sosial yang paling menonjol pendirian Panti Asuhan Anak Yatim Darul Aitam.
Sumber : Ensiklopedi Islam

Catatan ; DR. H. Salim Segaf al-Jufri merupakan cucu dari H. S. Idrus bin Salim al-Jufri (Pendiri al-Khairat). Sebelumnya menjabat sebagai menteri sosial kabinet SBY, kini sebagai ketua Majelis Syuro PKS.

0/Post a Comment/Comments