Tuesday, January 22, 2019

Cara Mudah Mengatur keuangan pribadi

Oleh: Muzayyana Tartila

Mengelola keuangan memang menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan.  Pasalnya, di saat kita ingin menabung uang tersebut, biasanya ada saja pengeluaran yang tidak terduga. Apalagi, ditambah kita tergiur membeli berbagai barang unik yang dijual di toko online, tentu pengeluaran pun akan semakin menumpuk ,dan hal ini yang paling sulit untuk dihindarkan .
(sumber : style.tribunnews.com)

Untuk mengatur keuangan pribadi sebenarnya tidak rumit. Ada beberapa cara yang dapat dijadikan pegangan kala mengatur keuangan pribadi. Cara-cara tersebut kerap disebut sebagai Golden Rules karena bisa diterapkan oleh siapa saja dan kapan pun waktunya.


Faktor krusial dalam mengatur keuangan pribadi adalah kemampuan untuk menahan diri agar bisa menggunakan uang di bawah jumlah yang dimiliki. Ini tidaklah mudah karena keinginan dan kebutuhan merupakan hal yang bertolak belakang. Keinginan tidak pernah ada habisnya, sedangkan kebutuhan memang wajib dipenuhi.

Seringkali kegagalan orang dalam mengatur keuangan pribadi dikarenakan lebih mengedepankan keinginan dibanding kebutuhan. Akibatnya, uang yang dipergunakan bisa jadi lebih besar dari yang dimiliki. Investor kenamaan asal Amerika Serikat, Warren Buffett, telah mempraktikkannya. Dan prinsip utama berikutnya dalam mengatur keuangan pribadi terkait dengan kemampuan untuk berpikir panjang ke depan. Seseorang dituntut agar bisa membuat rencana untuk masa depan. Hal tersebut diperlukan agar pola pikir tidak hanya terbatas pada saat ini.

Untuk itu, agar uangmu tetap terjaga ada baiknya kelola keuangan dengan cara mudah ini, di antaranya:

Catat pengeluaran bulanan. Pastikan, untuk selalu mencatat pengeluaran yang kamu keluarkan setiap bulannya. Melakukan ini tentu penting karena dengan adanya catatan ini kamu pun akan tahu berapa dana yang sudah dikeluarkan satu bulan tersebut. Jika jumlahnya terbilang cukup banyak, tentu di bulan selanjutnya kamu bisa lebih menghematnya. Apabila kamu tetap mengabaikan hal ini, tentu kamu akan semakin kesulitan untuk mengatur keuangan sendiri.

Bijak saat menggunakan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit memang sangat membantu di saat kita tidak memiliki dana tunai. Namun, ada baiknya bijaklah ketika menggunakan kartu kredit tersebut. Mengapa? Yap, karena terlalu boros memakai kartu kredit, tentu akan semakin menumpuk utangmu. Jika utang sudah menumpuk, tentunya kamu pun akan kesulitan membayarnya, kan? Oleh sebab itu, jangan terlalu boros menggunakan kartu kreditmu, ya!

Investasikan keuanganmu. Daripada menghabiskan uangmu untuk sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan, ada baiknya investasikan keuangan tersebut kepada pihak asuransi. Mengasuransikan keuangan, tentu kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak karena itu lebih baik kamu asuransi keuanganmu dibanding membelanjankannya. Setuju?

Asuransikan jika perlu. Selain menginvestasikan dana keuanganmu, alangkah baiknya asuransikan keuangan pada pihak asuransi. Tidak hanya dapat dijadikan sebagai investasi masa depan, asuransi pun sangat berguna untuk jaminan kesehatan maupun hidupmu. Apalagi, sekarang produk asuransi juga sudah dilengkapi dengan investasi, asuransi unit link misalnya, tentu ini akan semakin mempermudahmu saat mengatur keuangan.

Demikian cara-cara yang harus dilakukan untuk mengatur keuangan pribadi. Memiliki pengetahuan tentang keuangan dapat menstabilkan perekonomian. Mulailah mengatur keuangan pribadi agar kamu tidak hanya terbebas dari lilitan tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan sekarang dan masa depan seperti memiliki bisnis yang lancar, membeli rumah, berliburan ke luar negeri, menyekolahkan anak hingga sarjana dan lain sebagainya. Banyak orang mungkin tidak tahu harus memulai dari mana. Apabila kamu memulainya dari sekarang, kamu bisa menikmati kesuksesan finansial di kemudian hari.

Semoga bermanfaat...!!

Artikel Terkait