Thursday, January 24, 2019

Keutamaan Sedekah

Oleh : Safira Fajriati

Rasulullah salallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Dan hendaklah kalian mencari rezeki dengan bersedekah.”
( HR. al-Baihaqi)

Jika dibaca sekilas hadist ini cukup membigungkan. Kenapa? Bagaimana mungkin, dengan bersedekah mendapatkan rezeki?

Menurut logika jika kita mengeluarkan sesuatu dari harta kita, pasti akan mengurangi harta tersebut. Pembaca yang dirahmati Allah, logika matematika dan hukum ekonomi ini adalah paradigma sekuler. Sangat bertentangan dengan paradigma iman. Paradigma iman mengatakan bahwa seluruh rezeki yang didapat oleh makhluk hidup di muka bumi ini, diatur oleh maha pemberi rezeki, ar-Razzaq. Bahkan semut yang jumlahnya miliaran dan tersebar di muka bumi ini pun rezekinya juga telah diatur oleh Allah.


Dalam bersedekah, kita harus ikhlas dan jangan mengingat lagi uang atau harta yang kita keluarkan, kita harus yakin bahwa Allah akan menggantinya dengan berlipat. Ketika bersedekah, godaan setan datang, kita dibuat riya’ dan bahkan sum’ah. Bahkan ketika sudah tidak riya’ dan sum’ah, sembunyi-sembunyi kita berinfak, godaan bangga diri datang “wahhh...tidak ada orang yang sehebat aku yang mau berinfak sembunyi-sembunyi.” Itu sudah cukup menggugurkan nilai sedekah kita. Tapi jika kita berinfak dalam rangka berlomba-lomba dalam kebajikan, boleh.asalkan hati kita ikhlas dan hanya mengharapkan ridha-Nya Allah.

Allah subhanahuwa ta’ala benar-benar memuliakan orang yang bersedekah, Allah juga menjanjikan banyak keutamaan dan balasan bagi mereka yang bersedekah, dan berikut ini adalah keutamaan-keutamaan bersedekah yang harus kita ketahui antara lain :

Sedekah Dapat Menghapus Dosa

Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air dapat memadamkan api”
(HR.Tirmidzi, di shahihkan Al-Abani dalam Shahih At-Tirmidzi,614)

Adapun dalam hal ini di ampuninya dosa dengan sebab sedekah disini bukan berarti dosa-dosa tersebut terhapuskan begitu saja, namun tentu saja harus disertai dengan taubat atas dosa yang telah dilakukan.


Orang Yang Bersedekah Mendapat Naungan Di Hari Akhir
 
Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam menceritakan tentang 7 jenis manusia yang akan mendapat naungan di suatu hari. Hari dimana tidak ada naungan lain selain dari Allah, yaitu hari ahir.
“Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya”
(HR.Bukhari no.1421)

Memberi Keberkahan Dalam Harta 

Rasulullah salallahu‘alaihi wasallam bersabda :
“Harta tidak akan berkurang dengan bersedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.”
(HR.Muslim, no 2588)

Yang dimaksud harta tidak akan berkurang dalam hadist diatas mencangkup dalam dua hal : pertama, yaitu hartanya diberkahi dan akan terhindar dari bahaya. Kedua jika harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut ‘impas’ tertutupi dengan pahala yang akan di dapat, dan pahala tersebut akan dilipatgandakan sampai berlipat-lipat banyaknya

Allah Melipatgandakan Pahala Orang Yang Bersedekah
 
Allah Ta’ala berfirman :

“barang siapa yang meminjamkan kepada Allah dengan  pinjaman yang baik, maka Allah akan mengembailkannya berlipatganda untuknya,dan baginya pahala yang mulia”
(Qs. Al Hadid : 11)

Bayangkan, Allah menggunakan istilah ‘meminjam’ padahal, Bisa saja Allah mengambil secara paksa arta seseorang. Sekali lagi, tidak ada yang berkurang dan hilang karna Allah akan mengganti harta yang telah kita sedekahkan.karena itu, tidak ada orang dermawan yang jatuh miskin karna bersedekah melainkan harta tersebut akan terus bertambah dan kita juga akan mendapat pahala.

* Mahasiswa STEI SEBI

Artikel Terkait