Tuesday, January 22, 2019

Peran UMKM Dalam Kehidupan Masyarakat Kecil, Pentingkah?

Oleh Lukman
(sumber : dictio.id)

Usaha kecil dan menengah (UKM) mempunyai peran yang strategis dalam membangun perekonomian suatu negara ataupun daerah, tidak terkecuali di Indonesia. Usaha mikro kecil menengah menjadi salah satu prioritas dalam agenda pembangunan di Indonesia hal ini terbukti dari bertahannya sektor UKM saat terjadi krisis hebat tahun1998, bila dibandingkan dengan sektor lain yang lebih besar justru tidak mampu bertahan dengan adanya krisis.

Usaha mikro kecil menengah atau UMKM memiliki peran penting dalam   perekonomian   masyarakat   Indonesia.   Perintah   memandang penting keberadaan para pelaku UMKM bersama dengan Koperasi memiliki wadah secara khusus dibawah kementrian koperasi dan UKM.
Ada 3 peran penting UMKM dalam kehidupan masyarakat kecil, diantaranya :
1) Sarana mengentaskan masyarakat dari jurang kemiskinan

Hal ini tebukti, dalam data milik kementian koperasi dan UKM tahun b2011 disebutkan lebih dari 55.2 juta unit. UMKM mampu menyerap sekitar 101.7 juta orang. Amgka tersebut meningkat menjadi 57.8 juta unit UMKM dengan jumlah tenaga kerja mencapai 114 juta orang.

2) Sarana untuk meratakan tingkat perekonomian rakyat kecil

UMKM memiliki lokasi di berbagai tempat, termasuk di daerah yang jauh dari jangkauan perkembangan jaman sekalipun. Keberadaan UMKN Di  34  Provinsi  yang  ada  di  Indonesia  tersebut  memperkecil  jurang ekonomi antara orang miskin dan orang kaya. Selain itu masyarakat kecil tak perlu berbondong-bondong untuk pergi ke kota guna memperoleh kehidupan yang layak.

3) Memberikan pemasukan Devisa bagi negara

Data dari kementrian Koperasi dan UKM di tahun 2017 menunjukan devisa negara dari pelaku UMKM. Angkanya pun sangat tinggi mencapai Rp.88,45 milliar. Angka ini mengalami peningkatan hingga delapan kali lipat dibanding 2016.
Dengan peran yang sangat penting yang dimiliki UMKM, maka Fintech akan dapat membatu lebih dalam menangani masalah pendanaan agar UMKM dapat berkembang lebih maju dan dapat menyongsong Indonesia  sebagai  salah  satu  negara  Ekonomi  Digital  terbesar  tahun 2024.

*MAHASISWA STEI SEBI





Artikel Terkait