Sunday, February 3, 2019

Derasnya Berkah dalam Setiap Tetesan Air Hujan

Oleh Haryati

“Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.” (QS Qaaf : 9)

Tak terasa sekarang sudah memasuki musim hujan, hampir diseluruh wilayah nusantara hujan turun disetiap harinya, baik itu hanya sekedar gerimis, sedang, atau pun hujan lebat. Ketika hujan turun, orang-orang menyikapinya dengan beragam sikap. Ada yang suka cita menyambutnya, gembira, senang, namun adapula yang merasa sedih, marah, bahkan kecewa. Namun karena hujan adalah salah satu nikmat yang diturunkan oleh Allah SWT dan ada banyak keberkahan dan manfaat didalamnya sudah sepatutnya kita bersyukur atas turunnya hujan bukan malah merasa marah bahkan sampai berkata yang tidak baik. Karena jika seperti itu, sama saja kita menyalahkan Allah SWT karena telah menurunkan hujan yang tidak sesuai dengan keinginan kita.



 Didalam Al-qur’an sendiri terdapat cukup banyak ayat-ayat tentang turunnya hujan beserta manfaat yang dibawanya. Ini menandakan betapa pentingnya nikmat hujan yang Allah SWT turunkan, sehingga Dia menyebutkannya sampai beberapa kali dalam firman-Nya tersebut. Dalam tulisan kali ini saya akan memberikan beberapa berkah dan manfaat yang didatangkan oleh hujan.

Hujan adalah rahmat yang diberikan Allah SWT untuk makhluk yang ada dibumi. Seperti yang disebutkan dalam QS Asy-Syuura : 28 yang artinya “Dan Dialah yang menurunkan hujan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya.” Lewat perantara hujan Allah SWT memberikan kehidupan bagi tanah-tanah yang mati. Dalam Al-Qur’an juga ada beberapa ayat yang menyuruh kita untuk memperhatikan bahwa hujan berguna untuk menghidupkan negeri yang mati. Hujan adalah bentuk rahmat atau kasih sayang Allah SWT kepada makhluk dibumi, sudah sepantasnya kita mensyukuri atas rahmat tersebut bukan megingkarinya.

Pada saat turun hujan adalah salah satu waktu yang mustajab untuk dikabulkannya do’a. Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk berdoa ketika turun hujan. Ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi seorang muslim, karena merupakan salah satu waktu yang ditunggu-tunggu untuk berdo’a yang mungkin akan sulit dijumpai di musim kemarau. Orang yang mengerti akan hal itu tentu saja menyambutnya dengan suka cita karena yakin do’a nya akan dikabulkan serta percaya sesuatu yang diciptakan Allah SWT pastilah sesuatu yang bermanfaat dan tidak ada yang sia-sia.
Air hujan diyakini mengandung nitrogen yang dapat menyuburkan tanah. Hujan berasal dari penguapan air yang kemudian menjadi awan. Yang akan turun hujan adalah awan yang hitam dan dipenuhi petir. Petir ini memiliki energi yang sangat tinggi sehingga melarutkan udara dan mineral-mineral lain yang ada diudara melalui hujan. Nah inilah yang menyebabkan air hujan memiliki kandungan yang sangat menyuburkan tanaman karena pada dasarnya kandungan unsur yang paling banyak diudara adalah nitrogen.

Air merupakan sumber kehidupan yang paling penting bagi makhluk hidup khususnya manusia. Begitupun air hujan, tak bisa dibayangkan jika setahun saja sebuah negeri tidak diturunkan hujan setetes pun. Dampaknya pasti akan sangat luar biasa seperti, petani gagal panen atau bahkan tidak bisa bercocok tanam, cuaca ekstrim, kebakaran hutan, kekeringan, dan masih banyak lagi. Begitu  pentingnya peran air dalam kehidupan sehari-hari yang tidak mungkin bisa dihilangkan dalam aktivitas di bumi ini. Bahkan banyak orang bisa menahan lapar hingga berhari-hari, tetapi tidak dengan menahan haus dan dahaga.

Kekuatan hujan terkadang dapat menimbulkan keuatan untuk memunculkan energi listrik. Terkadang hujan juga menyebabkan terjadinya petir yang merupakan listrik alam. Sekarang ada alat yaang bisa digunakan untuk menagkap kekuatan petir dan menyimpannya sebagai sumber listrik. Apabila listrik alam ini dikumpulkan maka bisa sedikit menghemat pembuatan listrik yang dibuat dari bahan fosil.
Hujan juga memberikan banyak makna diantaranya mengingatkan manusia seberapapun kita tinggi, ada saatnya kita harus membumi. Hujan juga memberikan makna bahwa roda kehidupan pasti berputar, ada saatnya kita berada dibawah dan ada saatnya kita akan naik katas sampai nanti akan kembali kebawah lagi. Dan juga memberikan harapan dan reminder bagi manusia bahwa tidak ada sedih (mendung) selamanya dan tidak ada bahagia (cerah) selamanya pula.

Demikianlah sedikit manfaat air hujan yang bisa saya tuliskan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa menambah wawasan dan rasa syukur kita dengan turunnya hujan pada musim penghujan sekarang ini.

Artikel Terkait