Monday, February 18, 2019

Inilah Salah Satu Terapi yang Bisa Mencegah Stroke

Oleh: Asad Hernandez*

Bekam adalah proses pengeluaran darah kotor dari dalam tubuh kita. Darah kotor juga di kenal sebagai darah beku yang menyumbat peredaran darah, sehingga mengganggu sistem peredaran darah dan menimbulkan berbagai macam penyakit.


Rasulullah SAW menyarankan umat nya untuk melakukan terapi bekam. Karena bekam adalah salah satu proses pengobatan yang manjur. seperti yang di katakan dalam hadits “Dari Ibnu Abbas r.a : Kesembuhan itu terapat pada tiga hal, yakni minum madu, Sayatan alat bekam, dan ‘kay’ dengan api. Sesungguhnya aku melarang umatku dari Kay” (Shahih Al-Bukhari, At Thibb, Juz 1, Halaman 5680)
Berikut ini manfaat berbekam bagi kesehatan :

Bagian Kepala, Terapi bekam di kepala dapat menangkal beberapa materi berbahaya diantaranya Mengobati Migrain, Menyembuhkan Stroke, Mengobati rasa pusing, Menyembuhkan Parkinson, Menurunkan darah tinggi atau menormalkan Hipertensi, Menyembuhkan Vertigo, Mengobati Sakit Gigi, Mencerdaskan otak dan menguatan daya ingat, serta mengobati masalah mata, hidung, dan telinga.

Manfaat Pada Wajah, Melakukan terapi bekam pada wajah di yakini mampu mengangkat bakteri pada wajah, mencegah dan mengobati jerawat yang muncul, menyehatkan kulit wajah, dan melancarkan peredaran darah di sekitar wajah, sehingga kulit wajah terlihat cerah, sehat, tampak berseri dan terbebas dari jerawat.

Manfaat untuk Jantung, Sebagaimana yang telah di jelaskan tadi, bahwa berbekam merupakan proses pengeluaran darah kotor dalam tubuh kita, secara langsung terapi bekam juga menjadi faktor dalam memperlancar peredaran darah pada tubuh kita. Maka dapat di pastikan bahwa kondisi jantung akan sehat. Karena salah satu fungsi jantung ialah memompa darah ke seluruh tubuh kita.

Selain itu, terapi bekam juga di yakini mampu memperbaiki fungsi organ tubuh lainnya seperti paru-paru, ginjal, lambung, usus, ataupun jaringan sel-sel yang rusak. Di tambah lagi, bisa bermanfaat untuk menambah anti bodi (imunitas) tubuh.

Jadi, menjaga dan mensyukuri kesehatan itu sangat penting. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kita tetap stabil adalah melakukan terapi bekam. Mudah-mudahan kita selalu di berikan kesehatan oleh-nya. Aamiin.


Referensi :
1. https://www.rawatanbekam.com/
2. https://obatpengencerdarahblog.wordpress.com/2016/12/17/bahaya-dan-manfaat-terapi-bekam-bagi-kesehatan/

*Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI
Email: marsad.muhammad22@gmail.com

Artikel Terkait