Friday, February 8, 2019

Pemilu lokal Turki 2019 & Masa Depan AKP.

Oleh Tengku Zulkifli Usman



Erdogan baru saja melaunching persiapan pemilu lokal turki 31 maret mendatang di istanbul.

Dalam kesempatan itu, Erdogan dan AK Parti juga meresmikan tagline AKP dalam pemilu lokal ini dengan slogan"work for the people and work from heart".

Dalam pemilu lokal ini, yang mencolok adalah calon walikota istanbul dari AKP adalah mantan perdana mentri dan mantan ketua AKP Binali Yildirim.

Binali Yildirim akan melawan calon kuat dari koalisi CHP+HDP+Iyi Parti Ekrem Imamoglu yang saat ini merupakan calon pemimpin masa depan CHP.



Turunnya Binali Yildirim ke gelanggang bukan tanpa sebab, ini tidak lain adalah strategi AKP melumpuhkan lawan lawan kuat nya untuk persiapan pemilu 2023.

Dalam banyak Jajak pendapat, Binali Yildirim diprediksikan akan menang melawan Imamoglu menuju walikota istanbul, AKP akan bekerja ekstra keras di sini, karena istanbul adalah basis utama AKP yang tidak boleh lepas ke tangan oposisi.

Tidak kalah sengit, pertempuran panas juga akan terjadi di kota besar ankara, disini AKP mencalonkan Mehmet Ozhesaki melawan calon kuat dari CHP Mansur Yavas, Ozhesaki juga diprediksi akan menang tipis melawan Yavas.

Dalam pertemuan dengan DPW DPW AKP, Erdogan dan tim utama kampanye mengatakan akan berupaya memenangkan setiap pemilu terutama di 31 kota besar turki maret mendatang.

Erdogan juga mencalonkan kembali 11 incumbent walikota dari AKP yang akan kembali dimanahkan melanjutkan periode ke 2 nya.

CHP dalam pemilu lokal ini akan berkoalisi dengan HPD pimpinan Demirtas, IYI parti Pimpinan Meral Aksener dan Saadet Parti Pimpinan Temel Karamollaoglu.

Sedangkan AKP akan bekerjasama dengan partai MHP pimpinan Devlet Bahceli, dan Partai BBP(Buyuk Birlik Parti) partai terakhir masih dalam masa penjajakan, erdogan menolak membangun koalisi, erdogan hanya menyebut sebuah kerjasama biasa.

Meskipun banyak jajak pendapat mengatakan suara AKP akan turun menjadi 32-35% pada pemilu lokal ini, namun banyak pengamat mengatakan bahwa AKP masih sangat kuat melaju sebagai the rulling party dengan suara 38-41% suara.

Penurunan suara AKP lebih dianggap sebagai imbas kondisi ekonomi dan jatuhnya Lira saat ini yang belum benar benar normal, namun dalam isu keamanan, stabilitas, isu luar negeri, AKP masih dianggap unggul oleh rakyat.

Kenaikan suara CHP tidak signifikan, karena tidak adanya gagasan baru dari CHP sebagai partai oposisi terkuat saat ini, kenaikan suara CHP saat ini hanya kisaran 4-6%.

Kalau Istanbul dan Ankara nanti bisa dimenangkan oleh calon calon dari AKP, dan ditambah dengan kota penting lainnya Bursa. maka ini sudah lebih dari cukup buat AKP dalam mengimbangi suara CHP yang diprediksi menang telak di Kota Izmir dan Mersin.

Namun kalau di 3 kota penting itu nanti AKP kalah, maka ini awal dari landing nya erdogan dan akan terus melemah dalam menghadapi pemilu presiden 2023 mendatang. Kecil kemungkinan AKP akan kalah di 3 kota besar ini. (istanbul-ankara-bursa).

Prakiraan sementara jajak pendapat tentang posisi elektabilitas calon calon yang akan betarung maret besok:

1. Istanbul
Binali Yildirim 54,2% AKP
Ekrem Imamoglu 45,8% CHP

2. Ankara
Mehmer Ozhesaki 52,2% AKP
Mansur Yavas 47,8% CHP

3. Adana
Huseyin Sozlu 57,7% AKP
Zeydan Karalar 42,3% CHP

4. Bursa
Mustafa Bozbey 51,2% CHP
Alinur Aktas 48,8% AKP

5. Mersin
Buhanettin Kocomaz 33,2% CHP
Vahap Secer 30,2% MHP
Hamit Tuna 27,2% AKP

6. Aydin
Mustafa Savas 52,2% AKP
Ozlem Ceciroglu 47,8% CHP

7. Hatay
Ibrahim Guler 53,8% AKP
Lutfu Savas 43,3% CHP

8. Izmir
Calon CHP 63%
Nihat Zeybecki 24% AKP
Disini CHP akan menang telak siapa pun nanti calon yang akan diusung.

9. Antalya
Muhittin Insect 52,2% CHP
Menderes Turel 47,8% AKP

10. Balikesyr
Ismail Ok 42% CHP
Yucel Yimaz 38% AKP

11. Denizly
Umit Bahtiar 38% CHP
Osman Zolan 46% AKP

Dari beberapa sampel diatas, AKP masih unggul di kota kota besar utama, dan bersaing ketat dengan calon koalisi CHP dibeberapa kota lainnya. Masih ada juga kota kota yang angka unstable voters di angka 20-30%.

Dalam waktu sisi ini, Erdogan akan keliling turki untuk terlibat langsung dalam pemenangan pemilu lokal ini, kunjungan pertamanya akan dimulai dari kota tivas.

Kalau memperhatikan konstelasi politik terkini di turki 1 bulan menjelang pemilu, AKP masih punya waktu yang cukup untuk membalikkan data data survei di kota kita dimana AKP masih tertinggal.

Kebanyakan survei yang dipakai oleh AKP adalah survei yang kredible dan tidak terlalu memihak, ditambah dengan survei internal AKP sendiri.

Rata rata survei Rujukan AKP melibatkan responden 4200 orang dan margin of error kurang dari 3% dengan tingkat akurasi 95%.

Tengku Zulkifli Usman.
Analis Politik Dunia Islam Internasional. Jakarta.
Sumber : Fb

Artikel Terkait