Sunday, May 5, 2019

DAKWAH KAMPUS

Oleh: Ummi Latifah. Mardatillah


Kali ini, penulis akan sedikit memaparkan sebuah manajemen. Manajemen apa sih? Waktu?, Bisnis?, Manajemen Industri?  Atau yang lain?.
Jadi yang ingin penulis bahas disini adalah Manajemen Dakwah Kampus. Karena dalam kampus diperlukanlah manajemen sehingga dakwah yang sudah meluas di kampus (internal) ataupun eksternal terus berjalan, berkembang, dan menyebar dengan sempurna.
Sebelumnya kita harus memahami dulu definisi manajemen, dakwah, dan kampus itu sendiri apa?.
Menurut KBBI manajemen ialah suatu ilmu seni yang bisa mengatur sesuatu dan di dalamnya mengandung unsur recording, organizing, preparation, briefing, controlling untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.
Demikian dengan Dakwah artinya dalam kamus bahasa Arab ialah suatu ajakan penyiaran Agama, yang menyeru kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran.
Sedangkan Kampus dari bahasa Latin yakni campus yang berarti lapangan luas. Dan untuk sekarang kampus adalah tempat berkumpulnya para pelajar yang sudah lulus dari Sekolah Menengah Atas untuk menyampaikan argumentasinya atau pendapatnya secara bebas tapi penuh dengan tanggung jawab.
Jadi Manajemen Dakwah Kampus jika kita gabungkan ialah mengatur sebuah organisasi yakni dengan menyebarluaskan dengan cara menyiarkan kebaikan-kebaikan dan juga mencegah kemungkaran-kemungkaran yang sifatnya dan ruang lingkupnya masih di kalangan para Mahasiswa.
Adapun ruang lingkup Manajemen Dakwah Kampus meliputi:
a.       Men
Adalah pelaku yang sedang aktif dalam organisasi dakwah kampus, ia adalah orang yang bisa menyebarkan dakwah kepada Mahasiswa lain dan juga bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan.
b.      Market
Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu siapa yang akan kita dakwahi, minimal jika dikalangan kampus yakni teman sendiri atau Mahasiwa yang lain.
c.       Money
Uang. Dakwah memang tak selamanya membutuhkan uang, akan tetapi setidaknya jika kita ingin berdakwah harus ada beberapa yang kita keluarkan dan korbankan, salah satunya adalah uang. Contoh: mengadakan latihan-latihan kemuslimahan, kajian di dalam kampus semua butuh pengorbanan uang dan juga tenaga.
d.      Methode
Adapun cara yang kita gunakan di dalam dakwah kampus sebenarnya banyak sekali, diantaranya: mengadakan kajian setiap minggunya, berdiskusi antara Mahasiswa lain tentang Keagamaaan, bisa dengan mengadakan baksos untuk ke Palestinaan dan lain-lain.
e.       Machines
Mesin atau alat yang sekarang sudah berkembang bisa dengan melalui sosial media, menulis artikel, membuat web khusus dakwah karena sosial media salah satu jalan yang paling tepat untuk menyebarluaskan dakwah saat ini.
Tujuan adanya Manajemen Dakwah Kampus ini adalah:
a.       Adanya suplai alumni yang berafilisasi kepada Islam dan optimalisasi peran kampus dalam upaya mentransformasi masyarakat menuju masyarakatg islami.
b.      Agar lebih tertata pengorganisasiaanya dikalangan kampus.
c.       Terbentuknya lingkungan kampus yang islami, terpercaya, dan kompetitif.
d.      Dan agar agama Islam tetap ternilai indah di mata ummat-Nya.
Oleh karena itu dalam Manajemen Dakwah Kampus juga diperlukan beberapa struktur salah satunya: Leadership yang ia bisa memimpin dengan sepenuh hati, memilki kejiwaan cinta dengan dakwah Islam, berani mengambil resiko, bersikap adil, tegas, dan bertanggung jawab. Setelah adanya Pemimpin barulah kita mempersiapkan agenda

Artikel Terkait