Oleh:
Ummi Latifah. Mardatillah
Kali
ini, penulis akan sedikit memaparkan sebuah manajemen. Manajemen apa sih?
Waktu?, Bisnis?, Manajemen Industri?
Atau yang lain?.
Jadi
yang ingin penulis bahas disini adalah Manajemen Dakwah Kampus. Karena dalam
kampus diperlukanlah manajemen sehingga dakwah yang sudah meluas di kampus
(internal) ataupun eksternal terus berjalan, berkembang, dan menyebar dengan
sempurna.
Sebelumnya
kita harus memahami dulu definisi manajemen, dakwah, dan kampus itu sendiri
apa?.
Menurut
KBBI manajemen ialah suatu ilmu seni yang bisa mengatur sesuatu dan di dalamnya
mengandung unsur recording, organizing, preparation, briefing, controlling untuk
mencapai sebuah tujuan tertentu.
Demikian
dengan Dakwah artinya dalam kamus bahasa Arab ialah suatu ajakan penyiaran
Agama, yang menyeru kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran.
Sedangkan
Kampus dari bahasa Latin yakni campus yang berarti lapangan luas. Dan
untuk sekarang kampus adalah tempat berkumpulnya para pelajar yang sudah lulus
dari Sekolah Menengah Atas untuk menyampaikan argumentasinya atau pendapatnya
secara bebas tapi penuh dengan tanggung jawab.
Jadi
Manajemen Dakwah Kampus jika kita gabungkan ialah mengatur sebuah organisasi
yakni dengan menyebarluaskan dengan cara menyiarkan kebaikan-kebaikan dan juga
mencegah kemungkaran-kemungkaran yang sifatnya dan ruang lingkupnya masih di
kalangan para Mahasiswa.
Adapun
ruang lingkup Manajemen Dakwah Kampus meliputi:
a. Men
Adalah pelaku yang sedang aktif dalam
organisasi dakwah kampus, ia adalah orang yang bisa menyebarkan dakwah kepada
Mahasiswa lain dan juga bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan.
b. Market
Sebelumnya kita harus mengetahui
terlebih dahulu siapa yang akan kita dakwahi, minimal jika dikalangan kampus
yakni teman sendiri atau Mahasiwa yang lain.
c. Money
Uang. Dakwah memang tak selamanya
membutuhkan uang, akan tetapi setidaknya jika kita ingin berdakwah harus ada
beberapa yang kita keluarkan dan korbankan, salah satunya adalah uang. Contoh:
mengadakan latihan-latihan kemuslimahan, kajian di dalam kampus semua butuh
pengorbanan uang dan juga tenaga.
d. Methode
Adapun cara yang kita gunakan di dalam
dakwah kampus sebenarnya banyak sekali, diantaranya: mengadakan kajian setiap
minggunya, berdiskusi antara Mahasiswa lain tentang Keagamaaan, bisa dengan
mengadakan baksos untuk ke Palestinaan dan lain-lain.
e. Machines
Mesin atau alat yang sekarang sudah berkembang bisa
dengan melalui sosial media, menulis artikel, membuat web khusus dakwah karena
sosial media salah satu jalan yang paling tepat untuk menyebarluaskan dakwah
saat ini.
Tujuan
adanya Manajemen Dakwah Kampus ini adalah:
a. Adanya
suplai alumni yang berafilisasi kepada Islam dan optimalisasi peran kampus
dalam upaya mentransformasi masyarakat menuju masyarakatg islami.
b. Agar
lebih tertata pengorganisasiaanya dikalangan kampus.
c. Terbentuknya
lingkungan kampus yang islami, terpercaya, dan kompetitif.
d. Dan
agar agama Islam tetap ternilai indah di mata ummat-Nya.
Oleh karena itu dalam Manajemen Dakwah Kampus juga
diperlukan beberapa struktur salah satunya: Leadership yang ia bisa memimpin
dengan sepenuh hati, memilki kejiwaan cinta dengan dakwah Islam, berani
mengambil resiko, bersikap adil, tegas, dan bertanggung jawab. Setelah adanya
Pemimpin barulah kita mempersiapkan agenda