Thursday, June 27, 2019

Turki Pasca Kejatuhan Istanbul (Bagian 2)

Oleh Tengku Zulkifli Usman

Paling lambat di bulan september tahun ini, para mantan pendiri AKP akan mendirikan partai baru.
Partai baru ini akan digawangi oleh kolega kolega lama erdogan seperti Abdullatif Sener, Abdullah Gul, Ali Babacan, Ahmet Davutoglu dst.

Partai baru ini akan diisi lebih kurang 50 an aktivis AKP di jajaran dewan pendiri awal, ada juga aktivis partai MHP yang ikut bergabung mendirikan partai ini bersama sama.
Bulan lalu, Ahmet Davutoglu sudah membacakan manifesto partai baru ini, manifesto tersebut kurang lebih berisi 5000 an kata.
Abdullah Gul kemungkinan akan ditunjuk menjadi ketua umum, bocoran nama partai baru ini adalah Huzur Partisi(Partai Kedamaian/Peace Party).
Kalau melihat platform partai baru ini, lebih menekakankan ke isu isu ekonomi, apalagi disana ada beberpa ekonom hebat berabung semisal mantan menteri ekonomi turki Ali Babacan-Mehmet Simsek.
Ini terasa wajar, karena saat ini turki juga mengalami masalah ekonomi akibat perang mata uang dengan amerika, tapi sejauh ini Lira masih stabil setelah sempat anjlok awal tahun.
Isu ekonomi sangat sensitif di turki, karena negara ini pernah menjadi negara sakit(the sick man of europe) akibat kemiskinan dan utang luar negeri di era Tansu Ciller-Bulent Ecevit-Devlet Bahceli.
Isu ekonomi lah juga yang kemudian yang mengantarkan Erdogan ke panggung kekuasaan selama hampir 17tahun, karna prestasi ekonomi dibawah erdogan, turki menjadi negara penting di dunia saat ini.
Jadi sangat masuk akal kalau semua kekuatan politik di turki pada berebut untuk jualan isu ekonomi. Karena isu ini memang sangat sensitif saat ini.
Ketua Umum Partai Oposisi CHP Kemal Kilichdaroglu adalah juga seorang ekonom senior yang handal. Walikota istanbul terplih kemarin Ekrem Imamoglu juga merupakan seorang pebisnis hebat.
Partai Baru yang didirikan oleh mantan aktivis AKP sama sekali beda platform dengan partai AKP, kalau melihat motivasi dan manifestonya, partai ini sulit dikatakan mengusung agenda agenda pro umat islam, mereka lebih fokus hanya ke isu sektoral ekonomi semata.
Apakah partai baru ini akan menjadi ANCAMAN bagi partai AKP besutan erdogan yang saat ini masih menjadi partai terbesar di turki bahkan menjadi partai islam modern terbesar di dunia?
Bersambung.....
Sumber : FB

Artikel Terkait