Thursday, August 29, 2019

About The Qur’an


Oleh Syahidah Banan

Assalamualaikum Wr. Wb

Hai sobat, di kesempatan kali ini. Saya sharing tentang suatu hal, yang terlihat sepele. Namun, sangat penting. Dari beberapa buku dan artikel yang saya baca, ada banyak sekali di zaman Now “Penghafal Qur’an”, tapi tidak banyak yang mengetahui tentang Al-Qur’an itu sendiri. Saya hanya sharing beberapa saja, dari yang sudah di rangkum dengan bahasa yang mudah dan dapat di pahami.

Tanpa banyak basa-basi, mari kita liat ,

  1.      Al-Qur’an diturunkan kepada  Rasulullah SAW. abad ke-7 M, untuk disampaikan kepada seluruh alam yang pada saat itu telah hilang perilaku adil dan rasa aman.
Ayat pertama yang di turunkan adalah “Al-‘alaq” (7 ayat).

  2.      Dalam Qur’an juga terdapat dua jenis surat yang digolongkan dari tempat turunnya ayat tersebut, lho.., yaitu “Makiyah”(di Mekkah) dan “Madaniyah”(di Madina).

   3.      Kata Al-Qur’an berasal dari bahasa arab dan berbentuk kata benda, yang artinya adalah “bacaan” atau “sesuatu yang dibaca berulang kali”. Bentuk kata kerja dari Al-Qur’an adalah qara’a yang artinya pun membaca.

·        Di dalam Al-Qur’an terdapat beberapa juz(dari bahasa arab) dan Al-Qur’an juga memiliki bagian yang lebih detail menceritakan/menjelaskan sesuatu ketentuan, yang biasa kita kenal dengan sebutan “surat” (surah dalam bahasa arab).

    4.      Al-Qur’an memiliki 30 Juz dan 114 surat/h. Surah terpanjang ialah surah “Al-Baqarah”(286 ayat) dan yang terpendek ialah surah “Al-Kautsar” (3 ayat) dan “Al-Ikhlas” (3 ayat).

·        Dan surah pertama dalam Al-Qur’an adalah “al-fatihah” yang beraksud agar para manusia senantiasa memohon kepadapa jalan yang lurus dan memohon pertolongan kepada Allah semata.

·        Sedangakan surah terakhir adalah surah “An-Nas” yang menganjurkan agar manusia memohon perlindungan pada Allah dari segala kejahatan.

Nah, sobat.

Itu adalah 4 fakta tentang Al-Qur’an (kitab suci umat islam). Semoga apa yang sudah saya sharing kali ini, bermanfaat dan menjadi bertambah pengetahuan kita tentang kitab suci Al-Qur’an tersebut. Allah sangat memuliakan siapapun yang mengafal, belajar dan mengajarkan Al-qur’an, Sobat.

Ada hadist yang di riwayatkan oleh Sa’id Bin Musayyab,
“Orang yang mengajarkan al-qur’an kepada anaknya akan di ganjarkan pahala yang sepadan seperti berhaji 10.000 kali, ber-Umroh 10.000 kali, ber-jihad 10.000 kali, memerdekakan 10.000 budak, memberi makan 10.00 muslim yang lapar, memberikan pakaian kepada kau muslim yang tak memili pakaian dan setiap huruf di ganjarkan 10 kebaikan dan di hapus 10 kejelekan”

Sekian sharing kita di artikel kali ini…

Mudah-mudahan bisa berkah dan menmbah ilmu kita…

Kebenaran hanya dari ALLAH SAW. dan kesalahan hanya dari saya…

Wassalamu’alaikum Wr.Wb 


Artikel Terkait