Tuesday, August 27, 2019

Dapat Menghasilkan Uang Dari Bermain Game, Sekedar Hobi atau Passion?

Oleh : Muhammad Syuhada 

Banyak orang yang belum bisa membedakan mana Passion dan mana Hobi. Sebetulnya keduanya hampir memiliki maksud yang sama. Namun tentu saja berbeda. Atau bisa dibilang “Serupa tapi tak sama”. Hehe.

            Menurut KBBI, Passion adalah dimana kita mengorbankan segala hal untuk mencapai hal itu. Passion adalah dimana kita tidak memikirkan untung dan rugi. Passion adalah ketika kita melakukan hal itu begitu saja dan lupa dengan hal lain.

            Sedangkan Hobi menurut KBBI adalah Kegemaran, kesenanan istimewa pada waktu senggang, bukan perkerjaan utama. Contoh : Melukis itu sebagai Hobi saja, bukan sebagai mata pencahariannya.

            Jika kita jabarkan. Passion dan Hobi ternyata memiliki arti yang berbeda. Terkadang kita kebingungan bagaimana cara membedakan keduanya.

            Hobi bisa berubah-ubah. Bisa jadi tahun ini Hobi saya adalah berenang. Tapi bisa jadi tahun depan Hobi saya bisa berubah menjadi Memanah. Who Knows?

            Berbeda dengan Passion. Dari kita lahir sampai kita menemui ajal, Passion akan tetap sama alias tidak berubah. Contoh jika kita memiliki Passion dalam Berbisnis, maka akan selamanya Passion kita tetap sama dari A sampai Z. hehe

            Selain itu, banyak pakar yang mengatakan kalau Hobi itu biasanya mengeluarkan banyak uang. Berbeda dengan Passion, justru lebih sering mendatangkan Profit.

            Di sisi lain, Hobi dikerjakan ketika di waktu luang. Karena tidak mungkin kita mengerjakan Hobi melebihi batas waktu utama kita. Sangat berbeda sekali dengan Passion. Kita mengerjakan Passion dengan mengorbankan waktu yang lain bahkan meninggalkan Hobi sekalipun. Kita juga butuh Effort besar untuk menjalaninya. Bahkan tidak jarang waktu Extra kita gunakan untuk menjalankan Passion. Bahkan menjadi suatu keharusan bagi si pemiliknya.

            Lalu, bagaimana dengan orang yang Hobi bermain game lalu menjadi seorang Gamer Profesional dan bisa mendapatkan Profit? Berarti dia termasuk orang yang paling bahagia karena bisa menjadikan Hobi sebagai Passion.

            Jadi intinya, Passion  itu bisa mendatangkan Profit dan kita juga memiliki keinginan yang kuat untuk menjalankannya alias tidak merasa terpaksa.

Sumber :
1.      KBBI
2.      KMP Edwrite Group

Artikel Terkait