HEY MUSLIMPRENEUR, INI LOH STRATEGI BERDAGANG ALA RASULULLAH!!!

Oleh Najla Najmatul Fadhilah

Bismillahirrahmaanirrahiim. Untuk para muslimpreneur, baik yang ingin memulai ataupun melanjutkan ide bisnisnya tentu belum cukup jika hanya bermodal semangat ingin memiliki banyak uang. Atau pun kalian yang ingin menjadikan aktivitas berbisnisnya untuk beribadah kepada Allah maka akan semakin sempurna jika kita menilik dan mempelajari bagaimana cara berbisnis terbaik yang telah dicontohkan sang suri tauladan Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُولِ ٱللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُوا۟ ٱللَّهَ وَٱلْيَوْمَ ٱلْءَاخِرَ وَذَكَرَ ٱللَّهَ كَثِيرًا
"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS. alAhzab : 21)

Membahas tentang bisnis sekilas menggambarkan tentang jalan pintas memiliki uang banyak, dan menjadi kaya raya dalam waktu yang lebih cepat. Namun, makna tersebut sangatlah sempit jika hanya itu yang menjadi tujuan.

Namun segala perbuatan yang bersifat duniawi sangat bisa dan pasti bisa menjadi berpahala ukhrawi ditentukan sebagaimana niatnya pun caranya yang sesuai dengan quran dan sunnah. Bahkan berbisnis dapat menjadi jalan dakwah strategis jika tertata niat dengan baik dan mengikuti sebagaimana cara berbisnis yang telah Nabi kita contohkan 14 abad silam.

Mengutip dari buku Ensiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad "The Super Leader Super Manajer" jilid dua; bisnis dan kewirausahaan karya Dr. Muhammad Syafii Antonio, M. Ec. Adapun strategi memaknai hakikat berbisnis Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dapat dibagi menjadi 3 bagian;

A.     Menjual produk
  1. Menjual produk yang halal dan dibutuhkan oleh masyarakat banyak.
  2. Produk yang dijual diperoleh secara haq.
  3. Jelas kadar sifat dan jenis produk yang diperniagakan.
B.     Menjual nilai-nilai
  1. Sopan saat bersikap, santun kala berucap.
  2. Jujur saat menjelaskan sifat atau karakter suatu produk
  3. Proporsional dalam menentukan laba dari setiap produk.
  4. Memberikan kelonggaran pembayaran kepada pelanggan/mitra bisnis.
C.     Yang terpenting dan utama adalah, berniaga dengan Allah
  1. Menjadikan aktifitas berdagang sebagai bagian dari beribadah kepadaNya.
  2. Melandasi setiap aktivitas berdagang/berbisnis untuk mengharapkan keridhoanNya.
Seiring dalam memaknai bisnis/perdagangan secara islami, Dr. Muhammad Syafii Antonio, M. Ec menuliskan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah membuktikan bahwa sukses bisnis yang digapainya, banyaknya kekayaan yang diraihnya, sama sekali tidak membuat beliau lupa diri dan hidup dalam kemewahan. Sebaiknya, beliau memilih pola hidup yang sederhana dan membelanjakan semua harta kekayaannya di jalan Allah.
Maka ketahuilah, adapun value added bisnis dalam islam ialah,
  1. Lebih berorientasi pada misi; mengharap keridhoan Allah.
  2. Menjadikan sumber daya manusia sebagai primary aset.
  3. Mengutamakan tujuan jangka panjang (duniawi wa ukhrawi) daripada hanya mencari keuntungan jangka pendek (duniawi saja).
Jazakumullah ahsanal jaza. Semoga bermanfaat dan semangat sukses untuk memulai, memperbaiki, dan menyempurnakan strategi bisnis dengan sebaik-baiknya.

By @najlanjm_


0/Post a Comment/Comments