Kenapa Sehabis Makan Kenyang?

Oleh: Fiina Shofia Faizzati

Banyak dari kita yang sering menonton video mukbang ataupun food kuliner di tv maupun di internet yang dapat membangkitkan nafsu makan kita dan ingin langsung mencicipi makanan yang barusan di review tersebut. Ataupun sedang berjalan-jalan lalu melihat banyak makanan yang bertebaran dijalan akhirnya tergerak untuk membeli dan memakan makanan tersebut. Lalu setelah kesekian kalinya mencicipi makanan akhirnya terbitlah rasa kenyang sehabis berkali-kali makan. Kenapa sehabis makan harus kenyang?? Akhirnya munculah kemalasan karena kekenyangan yang membuat kita selalu ingin rebahan. Mari kita simak mengapa sehabis makan kenyang,bukannya kaya.. hehe

Mari mengingat pelajaran kelas 8 dan 11 tentang sistem pencernaan dalam dunia medis terkenal istilah postprandial somnolence yang apabila di terjemahkan adalah setelah makan merasa mengantuk.

Ketika makanan yang telah kita makan masuk kedalam tubuh kita telah dihancurkan didalam perut dan berjalan secara perlahan ke usus kecil pankreas akan mengeluarkan insulin agar makanan kita di sebarkan ke peredaran darah dan menjadi energi untuk tubuh kita. Lalu insulin mengirimkan asam amino dan triptofan adalah senyawa kimia pemicunya kita mengantuk.

Selanjutnya triptofan akan memasuki otak dan berubah menjadi serotonin hormon yang akan membuat kamu merasa senang lalu serotonim akab berubah menjadi hormon yang akan membuat mu tambah menjadi semakin mengantuk yaitu melatonin dan tertutuplah sel otak yang bernama neuron orexin akibat terserapnya glukosa dari makanan (karbohidrat)  yang kita konsumsi tadi,neuron orexin berfungsi untuk membuat kita terjaga dan bangun. Itulah alasan mengapa sehabis makan kita mengantuk.

Karenanya banyak orang yang sehabis makan berusaha membuat dirinya terjaga dengan minum kopi misalnya ataupun yang lainnya.

Mengatur pola makan agar sesuai porsi dan tidak makan berlebihan juga mampu mengurangi efek-efek samping akibat kekenyangan. Juga jangan lupa memperhatikan bagaimana cara kamu makan agar tidak terburu-buru dan membuat tubuhmu bekerja keras dan kelelahan.

Perlu di ingat juga Proporsi ideal lambung kita adalah 1/3 makana,1/3 udara,1/3 air.
Allah berfirman,
وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوٓا
“Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)


0/Post a Comment/Comments