Wednesday, August 28, 2019

Mendidik Anak Menjadi Pribadi Disiplin dari Sholat

Oleh Muhammad Hafidh Sabillah

Banyak orang di dunia dan mungkin kamu termasuk diantara orang yang sedang belajar untuk bisa hidup disiplin, banyak cara di lakukan untuk bisa hidup dengan disiplin, dan tidak sedikit yang hanya berakhir sebatas keinginan, karena ia tau Disiplin adalah salah satu kunci untuk mendapatkan sukses.

            Perilaku hidup disiplin telah islam ajarankan dan termasuk kedalam hal yang fundamental yang sering di sebut dengan kata istiqomah. AL Qur’an sebagai pedoman umat islam telah banyak menuliskan hal ini.

            Dan salah satu media utama dalam mengajarkan disiplin adalah mengajarkan kepada anak anak untuk sholat tepat waktu sebagaimana sabda nabi;

مُـرُوْا أَوْلاَدَكُمْ بِالصَّـلاَةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِيْنَ، وَاضْرِبُوْهُمْ عَلَيْهَا، وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ، وَفَرِّقُوْا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ.
“Suruhlah anak kalian shalat ketika berumur 7 tahun, dan kalau sudah berusia 10 tahun meninggal-kan shalat, maka pukullah ia. Dan pisahkanlah tempat tidurnya (antara anak laki-laki dan anak wanita).”

ini adalah sebuah langkah pertama yang di bangun oleh islam dalam mendidik generasinya menjadi generasi yang disiplin.

5 waktu dalam sehari sholat 5 waktu ini tepat berada pada pergantian waktu yang mana akan menjadikan seseorang yang tengah menjalankannya menjadi istiqomah. Buka hanya itu, mengerjakan sholat 5 waktu akan mendekatkan diri kepada Allah yang akan menjadikannya sebagai manusia yang di awasi oleh allah, dan akan selalu berbenah diri untuk menjadi lebih baik lagi...

Artikel Terkait