Sunday, August 11, 2019

Perubahan Dunia Dalam Genggaman Pemuda Bangsa

Oleh Ahmad farhan

Menurut kalian apa sih itu pahlawan? Menurut KBBI, pahlawan adalah orang yang menonjol          karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran. Menurut saya pribadi    pahlawan ialah orang yang selalu mengorbankan waktu,tenaga dan pikirannya hanya untuk kepentingan orang lain, serta bisa memberikan manfaat yang baik bagi orang di sekitarnya. Dan siapapun itu bisa menjadi pahlawan. Entah itu anak remaja/pemuda ataupun seorang kakek berusia 89 tahun. Karna pahlawan tak kenal usia.

         “Beri aku seribu orang tua niscaya akan kucabut sumeru dari akarnya, dan beri aku sepuluh pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia”.  - Ir.Soekarno Hatta.

            Dari perkataan diatas sudah jelas bahwa perubahan dunia ini dalam genggaman para pemuda yang mau bertanggug jawab dan menegaskan betapa pentingnya peran pemuda dalam kemajuan bangsa dan negara. Generasi muda harus mempunyai karakter yang kuat untuk membangun bangsa dan negaranya, memiliki kepribadian tinggi, semangat nasionalisme, berjiwa saing, mampu memahami pengetahuan dan teknologi untuk bersaing secara global.

           Dan kata ” pemuda” seringkali di identikkan dengan kelompok anak muda yang masih “Bau kencur” alias belum berpengalaman, belum matang dalam berpikir dan belum stabil secara emosi. Dan karenanya berpikir cendrung idealis tidak realistis dan sering mengambil keputusan dengan berdasarkan emosi perasaan belaka. Namun sebenarnya dalam hidup ini yang namanya idealisme, suatu pemikiran tentang dunia utopia, merupakan hal penting yang membuat manusia tetap mempunyai semangat dan harapan untuk tetap hidup dan berjuang demi dunia yang lebih baik. Dunia utopia memang seperti mimpi. Tapi saya percaya bahwa mimpi yang terukur dan dikombinasikan dengan pemikiran serta semangat positif dapat mengubah dunia. Pada saat kita berhenti bermimpi, kita berhenti berusaha, maka kita akan mati.

        “Kemajuan suatu bangsa dalam genggaman para pemuda. Masa depan negeri ini ada pada pemuda” (Ahmad farhan).

      Dari pernyataan diatas bahwa peran pemuda sangat dibutuhkan. Pemuda merupakan suatu generasi penerus bangsa memang telah menjadi suatu pemahaman yang tidak baru lagi. Bahkan kemajuan suatu bangsa juga sering dikaitkan dengan bagaimana peran pemuda didalamnya, seperti bagaimana produktifitas pemuda demi kemajuan dan eksitensi bangsanya. Tidak terkecuali bagi bangsa indonesia, generasi muda juga menjadi suatu tonggak bagi kemajuan dan pembangunan bangsanya.

Peran pemuda penerus bangsa indonesia

              Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa pemuda merupakan suatu generasi penerus bangsa indonesia, maka sebenarnya generasi muda juga menjadi komponen yang penting dan perlu dilibatkan dalam pembangunan bangsa indonesia, baik secara nasional maupun daerah. Mengapa demikian? Hal ini berkaitan dengan dasar dari generasi muda yang sebenarnya memiliki fisik yang kuat, pengetahuan yang baru, innovatif, dan juga memiliki tingkat kreativitas yang tinggi pula. Kondisi tersebutlah yang membuat peranan pemuda sebenarnya penting dalam proses pembangunan bangsa indonesia maupun sebagai penerus bangsa. Tanpa adanya peranan generasi muda atau pemuda indonesia maka bangsa indonesia pastinya akan sulit mengalami perubahan dan akan mudah pula kehilangan identitas bangsa indonesia.

                  Oleh sebab itu, peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa sebenarnya memiliki beberapa peranan yang seharusnya dapat dilakukan oleh para pemuda indonesia. Beberapa peranan tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

   1.      Agent of change

          Peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa indonesia yang pertama dapat dilihat dari peran pemuda sebagai agent of change atau agen perubahan. Artinya bahwa pemuda indonesia sebenarnya memiliki peranan untuk menjadi pusat dari kemajuan bangsa indonesia itu sendiri. Dalam hal ini dapat dilakukan melalui pengadaan perubahan-perubahan dalam lingkungan masyarakat, baik secara nasional maupun daerah, menuju kepada arah yang lebih baik lagi pada masa yang akan datang.

         Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa ada pernyataan seperti peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa, karna yang menentukan kemajuan bangsa indonesia dimasa depan adalah para generasi mudanya melalui keberhasilan perubahan-perubahan positif yang dapat dilakukan. Memang berbagai macam tantangan pastinya akan dihadapi atau dialami oleh para generasi muda, tetapi setidaknya para pemuda dapat kembali menengok pada makna sumpah pemuda ataupun makna kemerdekaan indonesia.

        Dimana segala tantangan yang ada akan dapat dihadapi jika perbedaan yang yang ada dapat dihadapi dengan positif dan dilakukan secara bersama-sama yang juga sesuai dengan asas  Bhinneka Tunggal Ika. Seperti melalui upaya saling memotivasi dan mendorong adanya kemajuan pada masyarakat. Salah satu kunci agar dapat sukes menjadi agent of change pastinya adalah keyakinan yang dimiliki para pemuda, maksudnya adalah para generasi muda harus yakin akan apa yang mereka miliki dan selalu melakukannya dengan baik dan benar.

   2.      Agent of Development

                          Selain menjadi agen perubahan, peran pemuda juga sebagai agent of development atau agen pembangunan sebagai penerus bangsa. Artinya bahwa para pemuda indonesia memiliki peran dan tanggung jawab dalam upaya melancarkan atau melaksanakan berbagai macam pembangunan di berbagai macam bidang, baik pembangunan nasional maupun pembangunan daerah.

         Mengapa agen pembangunan juga menjadi suatu peran penting pemuda sebagai penerus bangsa? Hal ini disebabkan karena para pemuda indonesia wajib menjaga eksitensi bangsa indonesia di kancah dunia, serta selalu dapat memberikan kesan yang baik di mata dunia. Sebagai contoh seperti mengembangkan bidang kebudayaan daerah indonesia, kemudian memperkenalkannya pada dunia internasional.

   3.      Agent of Modernizations
    
               Peran yang selanjutnya adalah menjadi agent of modernization atau agen pembaharuan bangsa indonesia. Artinya bahwa para pemuda indonesia wajib memiliki kemampuan dalam menganalisa perubahan zaman yang pastinya memberi pengaruh besar pada bangsa indonesia, sehingga mereka dapat memilih mana yang memang perlu untuk dirubah dan juga mana yang seharusnya dipertahankan.

          Sebagai contoh seperti perkembangan teknologi yang semakin maju di berbagai bidang, dimana melalui aktivitas pemuda pula bangsa indonesia kemudian dapat menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi yang semakin maju, sehingga tidak menjadi suatu bangsa yang tertinggal. Namun dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju dan modern juga menjadikan segala pengaruh bahkan kebudayaan asing masuk lebih mudah, maka disinilah muncul tantangan bagi pemuda indonesia untuk tetap dapat mempertahankan identitas bangsa indonesia.

   4.      Membangun pendidikan

              Pendidikan merupakan suatu pondasi dari berbagai peranan diatas, tanpa adanya pendidikan yang kuat maka para pemuda indonesia pastinya akan merasakan kesusahan dalam menjalankan peran mereka sebagai generasi penerus bangsa indonesia. Oleh sebab itu, wajib berpendidikan juga penting untuk ditanamkan pada generasi muda bangsa indonesia. Beberapa peran pemuda dalam membangun pendidikan di indonesia juga dapat dilihat dari adanya banyak tenaga pendidik yang masih tergolong muda dan semangat memberikan pendidikan yang bermutu pada generasi penerusnya. Belum lagi banyak pula kegiatan-kegiatan pemuda indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama pada daerah-daerah terpencil di pulau-pulau yang tersebar diseluruh pelosok bangsa indonesia.

   5.      Memiliki semangat juang yang tinggi

                     Peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa yang terakhir adalah tertanamnya jiwa semangat perjuangan yang tinggi pada generasi muda baik pada masa sekarang maupun masa terdahulu. Hal yang dapat dilakukan adalah seperti selalu berusaha sebaik mungkin untuk dapat mencapai prestasi yang membanggakan bangsa indonesia di mata dunia, menghilangkan jiwa mudah menyerah, menjaga kesatuan dan persatuan bangsa indonesia. Terlebih lagi semangat pemuda dalam usahanya mencapai tujuan pembangunan nasional, seperti dengan menyampaikan ide-ide  pembangunan yang baru maupun keinginan untuk terjun langsung dalam pembangunan bangsa indonesia. Walaupun kegagalan sering dialami oleh para pemuda indonesia, tetapi perlu diingat kembali untuk tidak mudah menyerah karena sebenarnya kegagalan merupakan suatu awal dari kebangkitan dan juga kesuksesan.
             
                   Itulah dia beberapa peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa yang penting untuk dipahami dan juga diupayakan untuk dilakukan demi kebaikan bangsa indonesia sendiri, baik masa-masa dahulu, sekarang, maupun di masa depan.


                                                                                                                                      - Ahmad farhan-
                                                                                                                              Mahasiswa STEI SEBI
                                                                                                                              Depok -14 Maret 2019

Artikel Terkait