Tuesday, October 1, 2019

#DennySiregarPenyebarHoax Trending Topic Teratas, Beranikah Polisi Bertindak?

Sore ini #DennySiregarPenyebarHoax Trending Topic teratas kedua. Bisa jadi warganet geram ketidakadilan aparat hukum. Selama ini buzzer-buzzer pro pemerintah yang kedapatan nyebar hoax aman-aman saja dari jeratan hukum.



Ulasan dari artikel republika berjudul : 'Kesaktian' Denny Siregar : Dari Video Persib hingga Ambulan sangat menarik dicermati. ada dua point, berikut kutipannya;

1. Denny pernah dilaporkan atas kasus penyebaran video pengeroyokan oleh suporter sepak bola Persib. Saat itu Denny menunggah video pengeroyokan yang di dalamnya ada lantunan suara kalimat tauhid dari massa.


Setelah diusut, polisi memastikan bahwa unggahan video pengeroyokan dengan lantunan kalimat tauhid itu adalah hoax. "Dipastikan dari hasil analisa laboratorium kita itu editan. Aslinya ada di penyidik dan ada video komparatif antara video asli dan editan ketemu si situ," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

Walau ikut menyebarkan video yang sudah dinyatakan polisi adalah hoax, walau sudah pula dilaporkan Aliansi Santri Indonesia dengan nomor laporan STTL/976/IX/2018/BARESKRIM, Denny masih belum tersentuh hukum!

2. Berikut isi kicauan Denny: "Hasil pantauan malam ini.. Ambulans pembawa batu ketangkep pake logo @DKI Jakarta," tulis Denny melalui akun Twitter @dennysiregar7.

Usai unggahan itu, media sosial heboh. Hujatan dan tudingan ramai diarahkan kepada pemerintah provinsi DKI Jakarta. Tak hanya itu, petugas medis pun tak ketinggalan jadi korban perundungan.

Hanya berselang jam, tudingan yang dialamatkan kepada ambulans sebagai pembawa batu itu keliru. Dari keterangan dan pembuktian yang dilakukan oleh DKI maupun PMI pusat didapati fakta bahwa ambulans bukanlah pembawa instrumen pendukung kerusuhan.

Muncul kemudian desakan publik untuk menuntut Denny Siregar yang dituding sengaja menyebarkan hoax. Ulah Denny dinilai tak ubahnya  kasus-kasus masyarakat lain yang sebelumnya dijerat karena menebar hoax.

Nah kalo publik dah geram, apakah pihak Kepolisian berani bertindak?

Artikel Terkait