Tuesday, November 26, 2019

Harapan Presiden Jokowi Pada peneliti dan ilmuwan asal Indonesia yang kini berada di Korea Selatan

Beberapa hari yang lalu, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan untuk menghadiri rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-RoK, juga mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Moon Jae-in, dan bertemu beberapa pemimpin perusahaan Korea Selatan.


Pada hari kedua pun di Busan (Korsel), Presiden Jokowi bertemu dengan sejumlah peneliti dan ilmuwan asal Indonesia yang kini berada di Korea Selatan. Mereka memiliki beragam latar belakang pendidikan, dari teknik kimia, arsitektur, sistem informasi, mitigasi bencana, hingga kesehatan.

Mereka berdiskusi dengan presiden Jokowi mengenai strategi riset dan inovasi yang lebih efektif dan efisien untuk Indonesia Mereka pun mengusulkan pembentukan Universitas Riset Indonesia, semacam University of Science & Technology (UST) di Korea Selatan. Juga usulan seperti perlunya percepatan riset dan inovasi di industri, bukan hanya di lingkungan kampus.

Usulan mereka menginspirasi Presiden Jokowi dalam mengembangkan rumah besar riset Indonesia, Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Presiden Jokowi berpesan kepada mereka untuk melihat, mengamati, lalu nantinya kembali ke Tanah Air, membangun negara Indonesia

Sumber : FB
 



Artikel Terkait