3 Nikmat Allah yang Sering Kita Abaikan

Oleh Kurnia Fatmawati


Detik demi detik,menit demi menit,jam demi jam ,hari demi hari bahkan tahun demi tahun kita selalu diberikan oleh Allah nikmat yang tidak pernah putus.allah memberikan kita nikmat yang tidak terhingga ,bahkan seluas samudra,sedalam lautan dan seantero dunia ini allah berikan untuk seluruh hambanya yang ada di dunia .baik dia hewan,tumbuhan dan manusia.

Semua kita pasti sudah tau apa itu nikmat.nikmat itu adalah sesuatu yang datang menghampiri kita dan membawa kebahagiaan bagi orang yang disinggahinya.nikmat dari allah itu adalah seluruh yang allah berikan kepada kita dan memberi kebahagiaan untuk kita baik dunia maupun akhirat.ada nikmat yang sering di lupakan manusia ,diantaranya ;

Nikmat sehat

Nabi SAW telah menyebutkan dalam sabdanya “barang siapa diantara kamu masuk dalam  waktu pagi dalam keadaan sehat badannya,aman pada keluarganya,dia memiliki makanan pokoknya pada hari itu,maka seolah olah seluruh dunia dikumpulkan untuknya “.

Sehat dalah salah satu nikmat Allah yang sering diabaikan oleh kebanyakan manusia.kenapa?kareba disaat sehatnya dia jarang melakukan hal kebaikan yang dicintai allah.maka hal ini termasuk salah satu nikmat yang diabaikan dan tidak disyukuri oleh manusia tersebut.

Allah berfirman dalam alquran surat an-Nahl ayat 18”dan jika kamu menghitung hitung nikmat allah,niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya.sesungguhnya allah benar benar maha pengampun lagi maha penyayang”.

Nikmat Syukur

Mengapa dengan bersyukur?bersyukur itu juga termasuk nikmat yang allah berikan kepada kita .karena banyak orang diluar sana yang lupa akan bersyukur kepada allah.wujud kita berterima kasih kepada allah adalah dengan kita bersyukur kepadanya.dengan cara kita manfaatkan dengan baik apa saja yang allah berikan kepada kita,jika harta berlebih berikanlah kepada rakyat yang membutuhkan ataupun anak yatim yang membutuhkan harta itu.cara kita bersyukur kepada allah dengan mengucapkan HAMDALAH”AL HAMDULILLAH”.

Allah ta’ala berfirman dalam Qs.an-Nahl:53 ”dan apa saja nikmat yang ada pada kamu,maka dari allah lah datangnya “.

Dan dalam Q.S. Ibrahim allah juga berfirman”dan ingatlah juga ,tatkala tuhanmu memaklumkan”sesengguhnya jika kamu bersyukur,pasti kami akan menambah nikmat kepadamu,dan jika kamu mengingkari nikmatku maka sesungguhnya azabku sangatlah pedih “.

Nikmat sedekah

Sedekah merupakan amal yang kecil tetapi mendapat pahala yang besar bagi orang yang mengerjakannya.misalnya ada masyarakat di tengah jalan memberhentikan kendaraan anda untuk meminta kepada kita untuk seikhlasnya memberikan harta kita untuk memberikan sumbangan kepada masjid yang akan dibangun.itu sering sekali kita temui di sudut sudut kota.tapi menurut saya itu tidak masalah.karena mereka memberikan kesempatan kepada kita untuk menabung pundi pundi uang untuk tabungan di akhirat kelak.

Tetapi sedekah ini sering dilupakan oleh kebanyakan orang karena menurut mereka dengan sedekah uang yang dimilikinya akan habis begitu saja.tapi allah tidak pernah mengatakan bahwa dengan sedekah itu  kita jadi miskin,bahkan dengan sedekah itu melipat gandakan kekayaan kita yang kita tidak sadari.

Allah berfirman  dalam surat al-Baqarah 261”perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh)orang orang yang menafkahkan hartanya dijalan allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir,pada tiap tiap bulir serratus biji.allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa yang dia kehendaki,dan allah maha luas karunianya lagi maha mengetahui”.

Bahkan Allah pun menngingatkan kepada kita dalam surah arrahman yang allah ulang-ulang kata kata nya ,supaya kita yakin bahwa nikmat allah itu sangatlah banyak dan tidak bisa kita balas sedikitpun ,mungkin dengan cara kita beribadah kepada allah ,selalu bersyukur kepada nya ,dan selalu melakukan perbuatan yang Allah cintai ,itu mngkin sudah cukup untuk nya .”maka nikmat allah yang mana lagi yang kamu dustakan “.

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat untuk kehidupan kita .

0/Post a Comment/Comments