5 Kunci Sukses Pebisnis Handal Dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era Digital

Oleh Abdussalam

Era digital adalah masa dimana semua orang dapat saling berkomunikasi sedemikian dekat walaupun saling berjauhan. Kita dapat mengetahui berbagai macam informasi dengan cepat, mudah dan tepat waktu.
(Source : jpro.co.id)

                    Sekarang adalah masanya era digital, yang berarti era perdagangan bebas pun juga telah dimulai. Tentunya akan banyak peluang juga tantangan bisnis yang akan dihadapi di era ini. Kebebasan dan kecepatan informasi merupakan salah satu faktor penyebabnya.

                    Peluang merupakan sebuah berita baik bagi pemilik bisnis. Namun, lain halnya jika yang datang merupakan tantangan bisnis. Apabila ini yang terjadi maka seorang pemilik bisnis harus mempunyai strategi dalam menghadapinya. Akan tetapi, sebelum mencari strategi, Anda terlebih dahulu harus mengetahui apa saja  peluang dan tantangan bisnis yang akan dihadapi pada era digital ini. Berikut penjelasan mengenai peluang dan tantangan bisnis di era digital:

1.      Transformasi Digital

              Perkembangan teknologi yang kian pesat seperti pisau bermata dua, di satu sisi teknologi memudahkan segala kegiatan dan pekerjaan manusia. Termasuk digunakan untuk memaksimalkan keuntungan bisnis. Di sisi lain pelaku yang tidak melek teknologi, akan tertindas oleh zaman. Namun jangan menyerah dengan hal tersebut begitu saja, diperlukan waktu, tenaga, bahkan dana untuk melakukan promosi bisnis. Hasilnya tidak perlu diragukan lagi. Bisnis yang dipadukan dengan teknologi dapat melaju lebih pesat karena mengikuti perkembangan pasar.

2.      Arus Informasi

              Selain perkembangan teknologi, dampak lain semakin meluasnya penggunaan internet dikalangan masyarakat adalah derasnya arus informasi. Ini merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh para pelaku bisnis di era digital. Semakin banyak informasi yang tersedia, konsumen pun akan semakin pintar dalam memilih produk yang dibutuhkan. Artinya pelaku bisnis dihadapkan dengan banyak pesaing. Jika tidak pandai memanfaatkan situasi, hal ini dapat berdampak buruk terhadap bisnis. Namun jika anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik dari yang lain, maka keuntungan pada bisnis anda akan bertambah.

3.      Kecepatan

              Layaknya teknologi yang menuntut pemilik bisnis untuk adaptif, masyarakat saat ini pun menuntut produk dan layanan yang serba cepat serta praktis. Dan jika pemilik bisnis tidak dapat memenuhi keinginan ini, konsekuensinya bisnis akan ditinggalkan oleh konsumen secara perlahan. Pemilik bisnis dapat mengatasinya dengan berkolaborasi dengan teknologi yang ada saat ini.  

4.      Berfikir Inovatif dan Out Of The Box

              Peluang dan tantangan bisnis di era digital yang datang bersamaan selanjutnya adalah selalu melakukan inovasi. Melihat kondisi masyarakat yang sering berubah, baik selera, keinginan maupun kebutuhan. Tentunya dengan melakukan inovasi dan berpikir out of the box atau berbeda dengan yang lain, produk dapat semakin mudah disukai oleh banyak orang.

5.      Sumber Daya Manusia

              Suatu hal yang tidak kalah pentingnya dalam dunia bisnis adalah sumber daya manusia. Merekrut SDM yang adaptif terhadap teknologi sangatlah penting. Karena jika SDM nya tidak melek teknologi, bisnis di era yang serba digital ini pastinya akan tertinggal sangat jauh.

              Selain itu, pemilik bisnis juga sebaiknya memberikan pelatihan tambahan serta melakukan upgrade keilmuan secara berkala untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

                    Seperti itulah peluang dan tantangan bisnis di era digital ini. Pada dasarnya tantangan yang ada di depan ada untuk dihadapi dan dicari solusinya . Jadi jangan pernah berhenti berjuang dan belajar dari kesalahan, juga terus lakukan yang terbaik. Hal itulah yang nantinya akan membawa anda pada keuntungan dan juga hasil yang maksimal didalamnya.

                    Ada banyak manfaat yang akan bisa anda dapatkan dengan menghadapi semua peluang dan tantangan bisnis di era digital yang ada di depan. Tentu saja ini akan bisa membuat anda lebih mudah dalam menjalani bisnis dan paham bagaimana menghadapi semua hal yang akan dihadapi selanjutnya.

Selamat Berproses dan Berprogres 😊
Penulis merupakan mahasiswa STEI SEBI Depok
Reference :
https://blog.jejualan.com/peluang-dan-tantangan-bisnis-di-era-digital/

0/Post a Comment/Comments