Memulai dengan Benar

Oleh Tiara Friayu Utama


“ Kepimpinan hanya akan berhasil ketika orang lain mengikuti sang pemimpin. Bagian ini akan membuktikan bahwa setiap manusia memiliki modal untuk memimpin, yaitu percaya kepada diri sendiri dan memperlakukan orang lain dengan benar. “  ~ Nenny Soemawinata~

Jauh sebelum suatu kuasa dipercayakan kepada kita, jauh sebelum orang mulai mengikuti kita, dan jauh sebelum kita dikenal sebagai seorang pemimpin, kita harus terlebih dahulu mulai memimpin diri kita sendiri sejak dini. Inilah kepemimpinan yang pertama. 


Memimpin diri sendiri adalah tantangan pertama dan tantangan utama yang perlu dijawab oleh setiap pemimpin sebelum ia benar benar memimpin orang lain. Tanpa kepandaian untuk memimpin diri sendiri, seorang pemimpin tidak mungkin dikategorikan sebagai pemimpin yang andal.

Cara hidup kita akan sangat tergantung dengan cara kita memandang nilai diri kita. Dan, cara kita memandang nilai diri kita akan sangat memengaruhi bagaimana cara orang lain memandang dan memperlakukan kita.

Ketika kita belajar untuk menyukai diri kita sendiri, kita terdorong untuk membangun rasa percaya akan potensi dan kapasitas yang ada di dalam diri kita. Hal itu secara otomatis akan meningkatkan peluang kita untuk dikuasai oleh orang lain yang berinteraksi dengan kita. Harga yang kita kenakan pada diri kita adalah harga yang di bayarkan oleh orang lain untuk berinteraksi dengan kita.
Banyak orang mudah menyukai orang lain, namun sulit untuk menyukai dirinya sendiri. Sebaliknya, ada orang orang yang menyukai dirinya hanya berdasarkan apa yang terlihat di luar,  seperti kecantikan fisiknya, tetapi bukan karena keindahan batin dan karakternya.

Tanamkanlah dalam benak kita bahwa potensi kepemimpinan akan muncul ke permukaan ketika kita belajar untuk menyukai diri kita sendiri terlebih dahulu. 

 Sumber : Nenny Soemawinata. “Fusion Leadership _ Harmoni Dua Dunia”. Diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama,



0/Post a Comment/Comments