Tips Menuntut Ilmu Agar Lebih Berkah


Oleh Tiara Friayu Utama

Rasulullah Saw. Bersabda, “Sampaikanlah dariku walau hanya satuu ayat,” ( H.R Bukhari ).

Tidak ada batas waktu untuk belajar. Kapan pun kita harus belajar dan menambah ilmu. Dengan ilmu kita bisa meninggikan derajat, dengan ilmu kita bisa mengetahui mana yang benar mana yang salah, dengan ilmu kita bisa mendapatkan bekal dalam menjalani hidup, dan dengan Ilmu juga kita bisa lebih melihat tanda – tanda kebesaran Allah. Apapun ilmu yang dipelajari didunia, itu adalah jalan pembuktian mengenai kebenaran apa yang allah sudah sampaikan dan Rasulullah tuntunkan. Ilmu akan menjadikan kita lebih  tersadar bahwa betapa nyatanya kekuasaan Allah sehingga seharusnya membuat kita lebih bersyukur.  

  1.     Niatkan karena Allah

Semua diawali dari niat. Jika niatnya baik insya Allah akan dimudahkan jalannya. Jika diniatkan karena Allah, kita akan menggunakan ilmu tersebut di jalan Allah, akan memanfaatkan ilmu tersebut agar bermanfaat, dan tidak akan membuat besar kepala jika pintar. Semua karena.
Allah.

  2.     Tidak digunakan untuk berbuat dosa

Dengan ilmu kita menjadi tahu. Orang yang banyak ilmunya, Akan lebih tahu dibandingkan orang lain. Ilmu yang banyak seharusnya digunakan untuk kebaikan, bukan malah berbuat dosa. Misalnya, untuk menipu orang lain, untuk membahayakan orang lain, untuk menyombongkan diri, dan masih banyak lagi.

  3.     Ajarkan ilmu yang dimiliki

Orang itu pintar ketika dia bisa mengajarkan ilmu yang dimilikinya. Ilmu yang kita miliki hendaknya tidak hanya digunakan sendiri, tapi juga diajarkan untuk orang lain. Dengan mengajarkan ilmu, berarti kita telah membantu mencerdaskan orang lain dan membuat ilmu kita bermanfaat. Selain itu akan menjadi amal jariyah untuk kita. Ketika ilmu kita diamalkan oleh orang, pahala yang sama akan kita dapatkan.


Menuntut ilmu itu dengan 6 perkara : 1. Kecerdasan, 2. Semangat, 3. Cita cita tinggi, 4. Ke majelis ilmu, 5. Terus – menerus.  ( Imam Syafi’I )

Sumber :Aprilia Kartika , Republika penerbit


0/Post a Comment/Comments