Friday, February 7, 2020

10 Tips Presentasi Efektif, Cocok Untuk Pebisnis Pemula

Oleh : Aulia Dika Zahra

 Presentasi ynag menarik akan membawa audiens pada suasana yang tidak boring. Oleh karena itu, dalam melakukan presentasi, kita perlu menguasai skill public speaking as a presenter.

            Dikutip dari www.dosenpendidikan.co.id, presentasi adalah suatu kegiatan berbicara dihadapan banyak hadirin. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis. Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk membujuk (biasanya dibawakan oleh wiraniaga), untuk memberi informasi (biasanya oleh seorang pakar), atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu).

            Berikut ini, ada 10 cara menyampaikan presentasi, agar presentasi menjadi lebih efektif. 10 trik ini tidak memandang seberapa hebat anda berbicara di depan umum atau seberapa menarik tema yang disampaikan. Lakukan 10 cara ini agar presentasi anda menjadi lebih efektif :

   1.      Tunjukkan Passion Anda
Saat presentasi, tunjukkan passion anda kepada para hadirin. Betapa antusiasnya anda menyampaikan materi yang anda bawakan. Jika anda bersemangat dan enerjik dalam menyampaikan suatu materi, maka audiens akan bersemangat juga untuk mendengarkan apa yang akan anda sampaikan. Begitupun sebaliknya.

   2.      Mulailah dengan Pembukaan Presentasi yang Memukau
Kesan pertama akan sangat menentukan. Itulah yang sering kita dengar selama ini. Maka jangan sia-sia kan langkah awal ini. Karena satu menit pertama akan menentukan menit-menit berikutnya hinggal berakhir.

   3.      Sampaikan dengan Singkat dan Lugas
Kita tentu malas jika mendengarkan penjelasan orang yang bertele-tele. Begitupun sama dengan para audiens. Ketika menyampaikan sesuatu, lebih baik langsung To The Point. Maka sampaikan saja point-point penting dari tema yang anda bawakan. Fokuslah pada bagian awal dan akhir, karena itu yang akan paling di ingat-ingat oleh para audiens.

   4.      Bersikap Rileks
Saat menyampaikan presentasi, sebaiknya kita jangan hanya diam mematung ditempat yang sama. Kuasailah panggung, berjalan dekati penonton, agar tidak ada jarak antar presenter dengan audiens, sehingga penonton akan lebih mempercayai presenter.

   5.      Menggunakan Teknologi dan Alat Pendukung
Agar Presentasi lebih menarik, buatlah Slide atau alat pendukung yang lain, agar audiens semakin tertarik dan tidak bosan dengan presentasi anda.

   6.      Kuasai Peralatan Anda
Saat melakukan presentasi, kuasailah peralatan anda seperti laptop, proyektor dan handled remote. Walaupun anda memiliki asisten untuk mengoperasikan alat tersebut, anda tetap harus menguasai peralatan-peralatan tersebut. Agar ketika terjadi kesalahan teknis, anda akan tetap tenang dan rileks dalam menyampaikan materi.

   7.      Lakukan Kontak Mata
Kontak mata sangat penting untuk menjalin hubungan yang lebih intens dengan audiens. Jangan lupa untuk tersenyum ketika abda melakukan kontak mata dengan para audiens.

   8.      Kenali Audiens
Ini sangat penting. Jika kita mengenali para audiens terlebih dahulu, maka kita akan dengan mudah membuat materi yang sesuai dengan latar belakang mereka. Mengenali audiens dapat dilakukan dengan melihat latar belakang mereka seperti umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, atau pekerjaan mereka. Materi dan gaya penyampaian presentasi anda kepada para mahasiswa tentu akan berbeda dengan presentasi dihadapan para manajer.

   9.      Perhatikan Penampilan
Penampilan kita sebagai presenter adalah wujud dari sikap penghargaan kita kepada para audiens. Jika kita berpenampilan rapih, maka audiens akan merasa dihargai oleh kita. Disamping itu, dengan berpenampilan rapih, kita akan lebih percaya diri sebagai seorang presenter.

  10.  Bersikap Profesional
Sikap professional kita dapat ditunjukkan dengan datang tepat waktu. Jadi kita bisa menyiapkan presentasi kita dengan matang dan presentasi dimulai dengan tepat waktu. Selain itu, jika ada audiens yang bertanya, maka kita jawab dengan baik dan benar. Jika kita membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka mintalah waktu kepada audiens untuk menjawab via email dan jangan menunggu terlalu lama untuk mengirimkan jawabannya.

Itulah 10 cara menyampaikan presentasi yang efektif. Dengan membiasakan berbicara dihadapan public, maka kita akan bisa lebih tenang dan rileks dalam menyampaikan sesuatu.

Semoga Bermanfaat.  

Referensi :
            2. https://www.Dosenpendidikan.co.id/presentasi-adalah/
(Source : smallbusiness.ng)

Artikel Terkait