Tuesday, February 11, 2020

BAGAIMANA CARA MENGETAHUI POTENSI DIRI

Oleh: Fiina Shofia Faizzati

Semua manusia pasti diciptakan dengan kelebihan serta kemampuan pada suatu bidang tertentu, dan kemampuan setiap orang pastilah berbeda-berbeda. Kebanyakan orang masih bingung dalam menentukan dan menyadari potensi serta kemampuan yang di milikinya akan sangat membantu apabila kita mampu mengenali potensi dan kemampuan diri kita sedini mungkin supaya dapat melakukan banyak hal sesuai dengan potensi yang kita miliki dan mampu mengembangkan kemampuan yang kita miliki.

Apabila kita tidak menyadari potensi dan kemampuan yang kita miliki, kita mungkin tidak mempunyai tujuan yang jelas dan tidak nyaman saat melakukan hal tersebut dan yang lebih fatal lagi tidak mampu mengembangkan diri secara maksimal dan merasa tertekan terhadap pekerjaan yang di lakukannya sekarang.

Ada beberapa cara untuk mengenal potensi diri kita tapi terlebih dahulu kita harus memahami siapa diri kita sebenernya. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan;

1. Kenali Aktivitas Favorit

Dengan mengetahui kegiatan yang kita sukai akan mudah mengetahui minat dan hobi anda sehingga kegiatan yang anda sukai tersebut dapat di kembangkan dengan lebih baik lagi.

2. Asah terus menerus bakat tersebut

Ketika kita telah menemukan aktivitas atau hobi yang sesuai dengan kemampuan kita maka terus kembangkan hal tersebut tidak mungkin tidak ada tantangan dalam mengembangkan tapi kamu merasa setiap tantangan adalah hal baru dan kamu menikmati nya.

3. Bertanya pada orang lain

Orang terdekat terkadang lebih menyadari potensi kita di banding kita sendiri, lakukanlah konsultasi dengan orang terdekat seperti orang tua,saudara ataupun sahabat ketika ingin menemukan bakat mu

4. Bergabung dengan komunitas

Bergabung dengan komunitas dan bertemu dengan orang baru akan semakin mengasah kemampuan yang kamu miliki dan kamu akan mendapatkan banyak pengalaman baru yang dapat mengembangkan potensi mu.

5. Jangan takut mengambil keputusan

Ketika kamu masih merasa bingung dengan potensi diri mu maka lakukanlah konseling dan jangan takut mengambil keputusan untuk memilih potensi apa yang akan kamu kembangkan

6. Jadikan potensi mu sebagai kekuatan mu

Ketika kamu merasa lebih dalam suatu kegiatan dan merasa unggul dari pada yang lainnya bisa di pastikan itu adalah potensi mu dan harus kamu kembangkan kegiatan tersebut membuat mu sangat percaya diri dan senang saat melakukan nya.

7. Temukan hal yang membuat mu lupa waktu

Ketika kamu melakukan kegiatan tersebut kamu sangat menikmati sehingga kamu lupa waktu fahami dengan detail kegiatan tersebut lakukan analisis pribadi terkait kegiatan tersebut yang membuat mu sangat nyaman melakukan jal tersebut.

Ada banyak cara untuk menemukan potensi dan kemampuan diri mungkin setelah membaca ini kamu semakin yakin dengan potensi yang kamu miliki sekarang jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan orang terdekat untuk meyakinkan mu terhadap keputusan mu untuk mengembangkan potensi tersebut. Tidak masalah jika itu berbeda jauh dengan orang lain, nikmati setiap proses nya dan lakukanlah eksplorasi pada banyak hal untuk semakin menemukan potensi diri mu.

Artikel Terkait