Tuesday, February 11, 2020

Rezim Assad Gempur Pasukan Turki di Idlib Langkah Bunuh Diri?

Militer Rezim Assad menewaskan 5 pasukan Turki di Idlib Suriah yang kedua kalinya senin kemarin. Setidaknya ada 13 pasukan Turki yang tewas. Militer Turki dengan segera membalas serangan, ada 115 target rezim Assad dihancurkan dan 101 personil militer rezim Assad berhasil dinetralkan.


Bagaimana analisa eskalasi militer Turki vs militer Assad yang dibackup Rusia dan Iran di Idlib Suriah? yuk simak di bawah ini dari akun twitter @hasmi_bakhtiar

1. Gw membaca eskalasi terakhir di Idlib sebagai aksi bunuh diri yang dilakukan Asad. Baik Putin maupun Asad tau kalau Erdogan ga akan diam melihat tentaranya tewas, tapi Asad terlanjur menerima umpan Putin.

2. Serangan yang dilakukan pasukan Asad dibantu tentara Rusia dan Iran di Idlib membut Trump dari jauh sumringah. Harapan Trump masuk gelanggang sekaligus sekaligus menarik Turkey ke pelukan Amrik (kalau bisa).

3. Banyak sebab membuat Turkey satu2nya pendukung Arab Spring yang mssih eksis di Suriah hingga saat ini. Dulu ada Saudi yang sesumbar mengancam akan menghabisi Asad lewat operasi militer, tapi hari ini justru bersama Asad hanya karena tidak suka Turkey.

4. Hubungan Erdogan-Putin hari ini jelas bukan hubungan cinta, tapi hubungan dengan dasar kepentingan. Sejauh mana kepentingan mereka bisa bersama sejauh itu pula mereka akan akur.

5. Putin sangat tau Turkey adalah sekutu terkuat sekaligus paling strategis. Jika Rusia kehilangan Turkey maka Rusia seperti kehilangan satu kaki di hadapan Amrik dan UE terutama di Kawasan.

6. Erdogan juga sangat paham di antara kelicikan Trump dan kebengisan Putin dia harus memilih Putin. Apalagi kepentingan Turkey dan Rusia sangat bergubungan erat seperti di Suriah dan Libya.

7. Itu sebabnya ketika pasukan Asad dibackup pasukan Rusia menyerang Idlib balasan Turkey tidak hanya di darat tapi juga di meja perundingan, karena pada dasarnya keduanya saling membutuhkan.

8. Prediksi gw ke depan, pertempuran pasukan Turkey vs Asad akan semakin sengit tapi di meja runding diplomat Turkey dan Rusia akan menemui kata sepakat. Tinggal Asad sendirian harus membayar nyawa tentara Turkey yang tewas.

9. Tewasnya beberapa tentara Turkey dan sengitnya pertempuran di Idlib mematahkan fitnahan Saudi dan UEA yang selama ini melempar issue bahwa Turkey telah meninggalkan kaum revolusi Suriah. Hari ini Turkey kembali membuktikan bahwa mereka setia pada revolusi Suriah.

10. Gw baca beberapa media Riyadh dan Abu Dhabi dari kemaren semuanya menyudutkan Turkey. Bahkan ada yang menulis “seandainya Turkey ga di sana maka Asad ga akan menyerang dan korban gak akan jatuh di Idlib”. Logika yang sangat hebat

😁
😁


11. Turkey akan habis2an di Idlib krn di ujung sana ada issue Libya menunggu. Ini tentang nilai tawar Turkey di hadapan sekutunya, Rusia. Jika Turkey gagal di Idlib maka Turkey akan gagal di semua Suriah dan juga akan gagal di Libya. Wajar malam ini Erodgan terlihat sangat serius

12. Terakhir mari kita berdoa untuk rakyat Idlib yang saat ini merintih kedinginan di dalam tenda2 pengungsian. Mereka kebanyakan anak2 dan wanita. Semoga mereka segera Allah lepaskan dari diktator Asad. Ya Rabb.




Artikel Terkait