Susah ngatur waktu? Gini tipsnya ...

Oleh Thalia Juni Yanti


Jangan berpikir dan mengatakan bahwa Anda tidak memiliki waktu. Sebab sama dengan orang lain, Anda juga diberikan waktu yang jumlahnya sama persis dengan yang dimiliki orang-orang sukses dan sibuk di sekitar Anda. Hal ini tentu menjadi perenung tersendiri.

Menurut Atkinson (1994), manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan segala bentuk upaya dan tindakan seseorang yang dilakukan secara terencana agar individu dapat memanfaatkan waktunya dengan sebaik-baiknya.

Bisa jadi ada beberapa banyak waktu yang kemungkinan selama ini terbuang dengan percuma alias sia-sia. Membuang-buang waktu sama saja dengan membuang banyak kesempatan dan juga peluang meraih kesuksesan di dalam hidup. Anda akan kehilangan banyak sekali hal berharga yang seharusnya bisa dimiliki saat ini.

Berikut adalah beberapa tips untuk memanajemen waktu dengan baik;

Tulis semua yang menjadi list target impian mu

Kenapa penting ?

Karena kalau kaliantau arah yang mau dituju, kalian juga akan tau jalan mana yang harus dilalui, seberapa sulit dan apa saja yang harus dilakukan.

Buat Skala Prioritas dari semua target yang kalian tulis
Bedakan mana target atau kegiatan yang mendesak sekali untuk segera dilakukan, mana yang bisa dilakukan belakangan. kalau kita ga bisa buat skala prioritas itu sama artinya dengan sibuk sana sini tapi belum tentu sampai pada tujuan yang diinginkan
4 SKALA PRIORITAS YANG WAJIB ANDATULIS
1. Penting Mendesak ; Lakukan sekarang
2. Tidak Penting Mendesak ; Rencanakan
3. Penting Tak mendesak ; Minta bantuan orang lain/delegasikan
4. Tidak penting tak mendesak ; Tunda atau Tinggalkan
 Buatkan Timeline/Jangka Waktu dalam merealisasikan target nya
ketika kalian sudah tau mana prioritas yang lebih dulu, maka kalian akan mudah menentukan kapan waktu agar target tersebut terrealisasi.
contohnya :

-Saya ingin jadi mahasiswa berprestasi di tahun 2020
-Memulai bisnis Bulan januari 2020
-Sidang  skripsi bulan Maret 2020, dan lain-lain

Kenapa perlu diperjelas waktu nya ?
kalau ga dikasih batasan waktu bisa bisa semua impian tadi hanya tertulis aja tanpa dikejar

Miliki buku khusus agenda harian (to do list harian)        

Kalo jaman dulu ada yang suka nya nulis buku diary, nah kurang lebih sama. tapi ini khusus to do list apa saja kegiatan yang akan dilakukan esok hari dan di evaluasi malam hari nya.

 Fokus dan atur mood kita agar terjaga selalu produktif

Dalam beraktivitas sehari-hari, kita didorong oleh berbagai hal. Bisa jadi oleh motivasi, energy, stress dan lain sebagainnya. Salah satunya yang sangat bisa mempengaruhi kita adalah mood atau suasana hati. Sederhananya, bila mood kita sedang baik, segala hal yang kita lakukan pun akan jadi lebih bersemangat dan bersenang hati melakukannya, begitupun kebalikannya.

Setiap waktu adalah belajar

Setiap orang adalah guru

Setiap tempat adalah sekolah

Kamu bisa membuktikan secara langsung tips-tips tersebut dengan langsung mempraktekannya. Bermimpi Besar lalu diikuti berusaha, dan berdoa adalah bentuk mewujudkan impian. Karena hasil karya manusia semua berawal dari sebuah MIMPI. Tidak masalah gagal dalam mewujudkan rencana daripada gagal membuat rencana. Karena tanpa memiliki rencana sama saja kita merencanakan untuk gagal.

Referensi :


0/Post a Comment/Comments