Thursday, March 26, 2020

7 Tips Manajemen Diri Agar terhindar dari Virus Corona

Oleh Thalia Juni Yanti 

Kegiatan yang banyak dan tugas-tugas yang menumpuk terkadang membuat kita bingung bahkan pusing untuk melakukan sesuatu. Maka dari itu, kita harus meminimalisir keadaan yang tidak penting atau tidak menguntungkan bagi kita. Untuk itu dipelukannya manajemen diri.

Virus Corona atau Covid-19 menjadi salah satu wabah yang kini menyerang penduduk bumi. Oleh karena itu seluruh dunia sedang panik menghadapinya. Namun jangan khawatir karena penyebaran virus corona bisa dicegah.

Sebelum kita membahas sejumlah tips memanajemen diri dalam menghadapi virus corona alangkah baiknya, kita memahami dulu pengertian manajemen diri dan arti dari virus corona itu apa ?

Manajemen Diri adalah proses melakukan perencanan, pengorganisasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai suatu keadaan yang ideal. Pada intinya manajemen diri adalah segala sesuatu atau proses yang berhubungan dengan tercapai nya goal yang kita inginkan.

Sedangkan, Virus Corona atau Sereve acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang pernafasan. Penyakit karena infeks virus ini disebut Covid-19. Virus corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan infeksi virus corona. Oleh sebab itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghimbau agar masyarakat tidak memandang sepele penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan.

Berikut ini beberapa tips manajemen yang bisa dilakukan untuk mencegah virus corona, dengan mengikuti langkah-langkah beriku ini tentunya akan membuat kita terhindar dari virus corona :

   1.       Selalu berdoa, memohon perlindungan kepada Allah

Dalam menghadapi wabah virus corona seperti saat ini, maka sebagai umat muslim sebaiknya kita wajib meyakini bahwa ini adalah termasuk dalam takdir Allah Subhanallahu wa Ta’ala. Keyakinan itu mendorong diri kita untuk senantiasa bersabar dan bertawakal hanya kepada Allah Swt. Serta tetap optimis dengan melakukan tindakan ikhtiar, karena disebutkan dalam hadits shahih riwayat Imam bukhari, bahwa Rasulullah Saw bersabda :

“ Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali dia juga meniurunkan penawarnya.’ (HR.Bukhari).

   2.       Diam dirumah sebanyak mungkin, dan sebisa mungkin

Agar terhindar dari virus corona kita disarankan untuk tida berpergi-pergian ketempat-tempat yang sudah meiliki kasus infeksi virus corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran virus corona. Maka dari itu  alangkah baiknya kita tetap berada dirumah

   3.       Istirahat yang cukup dan perbanyak konsumsi sayuran dan buah

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh, semua manusia membutuhkan kualitas dan kuantitas tidur yang cukup. Orang dewasa membutuhkan tidur selaa 7-8 jam. Sedangkan remaja membutuhkan 9-10 jam tidur selama sehari.

Buah banyak mengandung vitamin, sedangkan sayur mengandung serat dan mineral yang dibutukan tubuh kita. Menurut penelitian orang yang lebih banyak makan sayur dan buah lebih tidak mudah sakit.

   4.       Sosial Distancing alias jauhi keramaian. Kalaupun terpaksa keluar rumah, jaga jarak 1,5-2 meter terhadap orang lain

Sosial distancing mulai ditanggapi serius oleh bebrapa penjabat tinggi diberbagai negara. Merupakan salah satu upaya menjaga masyarakat supaya tidak berkerumunan karena dikhawatirkan menularkan virus corona.

   5.       Jika kita sakit pakailah masker dan tutuplah dengan lengan bagian dalam saat bersin

Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan resiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk virus corona. Penggunaan masker lebih disarankan pada orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman.

   6.       Rajin mencuci tangan dan hindari menyentuh wajah

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun sangat efektif untuk mencegah penyebaran virus corona. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, tidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih atau mesin pengering tangan.

   7.       Cek setiap info yang kita dapat seebelum menyebarkan ke oranglain, awas hoax!

Pada masa ini, ketika arus informasi demikian mudahnya, sering kali tanpa berpikir panjang kita langsung menyebarkan semua berita dan informasi yang kita terima, tanpa terlebih dahulu meneliti kebenaranya. Dan jangan lah kita tergesa-gesa menyebarkan berita tersebut, karena sikap seperti ini hanyalah berasal dari setan. Rasulullah saw bersabda;

“ Ketenangan datangnya dari Allah, sedangkan tergesa-gesa datangnya dari setan.”(HR. Al-Baihaqi dalam As-Sunan Al-Kubra 10/104 dan Abu Ya’la dalam Musnad-nya 3/1054)

Sumber Referensi :








Artikel Terkait