Mengapa Kasus COVID-19 di Turki Semakin Meningkat? Cek Faktanya*

Saat ini kasus COVID-19 di Turki total korban 13.531, sementara yang meninggal totalnya 214 korban menurut data dari laman Anadolu Agency. Yuk simak opini dari Tengku Zulkifli Usman di bawah ini:

Tadi saya ditanya oleh beberapa teman dosen di Jakarta.

Kenapa angka coronavirus terus naik di Turki? Bahkan angkanya sudah mencapai diatas 10.000 dan angka kematian 216 orang?

Jawabannya karena pemerintah Turki terus melakukan tes covid19 kepada rakyatnya, saat ini rakyat Turki yang sudah tes covid19 mencapai 25% lebih dari total jumlah penduduk turki 81 juta jiwa (laporan kementerian kesehatan Turki).

Semakin banyak yang di tes maka akan berpeluang akan semakin naik angka yang terinfeksi. Semakin mudah juga mengatasinya karena ketahuan terinfeksi sejak dini.

Beda dengan banyak negara, yang sampai saat ini belum terbuka dan sigap dalam melakukan tes kepada rakyat secara massif.

Jerman, Spanyol, Amerika, India, Belanda, Inggris bahkan Indonesia. Angka tes covid19 yang dilakukan masih sangat minim.

Indonesia sendiri masih dibawah 5% rakyat yang sudah tes covid19. Jadi wajar belum banyak yang ketahuan. Resiko kematian juga akan sangat tinggi kalau tes aja belum tau tau nanti ketahuan positif dan telat penanganan.

Spanyol contohnya, angka kematian disana terus meningkat. Sampai hari ini ada 100.000 kasus covid19 di sana dan 9000 orang meninggal. Jangan tanya lagi Italia, Iran, Inggris dan AS.

Di AS sendiri sudah 4000 orang meninggal dunia (10% dari total angka positif corona di dunia)

Inilah mengapa walaupun angka terinfeksi covid19 di turki termasuk tinggi. Tapi angka kematian sangat rendah. 13 ribu kasus dan yang meninggal hanya 216.

NATO tadi pagi mengapresiasi bantuan Turki untuk Spanyol dan Italia yang sudah tiba tadi sore.

Kabarnya para ilmuwan Turki juga sedang bekerja ekstra keras dalam proses menemukan obat coronavirus maksimal 6 bulan.

Presiden Indonesia juga sudah menghubungi Presiden Erdogan untuk berdiskusi soal covid19, dan sangat terbuka peluang Turki akan membantu indonesia menghdapi covid19 dimasa yang akan datang.

Kalau nanti Turki benar benar ikut dalam membantu indonesia, kita wajib memberikan special welcome dan rasa terima kasih untuk Turki atas kebaikannya kepada rakyat Indonesia.

Sumber : FB


0/Post a Comment/Comments