UKM Dengan Kecanggihan Teknologi

Oleh Rufaidah Qur’aniyah

 

Dengan dilakukannya lockdown di setiap Wilayah/Provinsi, yang bertujuan untuk mengurangi menyebarnya COVID-19, mengharuskan masyarakat berdiam diri di rumah untuk meminimalisasi


Pertemuan /Aktivitas yang berkala besar. Tetapi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ini menjadi sebuah kendala bagi masyarakat.

 

Ibu Tini mengambil peluang dari kondisi COVID-19 ini, dengan memberikan pelayanan kebutuhan sehari-hari. Yang biasanya orang harus pergi ke Pasar/Warung, sekarang orang tinggal Pre-order melalui WA{whatsapp}.

 

Pedagang memberikan pelayanan Pre-order bagi masyarakat sekitar.

 

Pedagang ini memenuhi kebutun konsumen seperti Beras, Sayuran, Ikan, Daging, Bumbu, bahkan kebutuhan klontong yang memang di butuh kan sehari-hari.

 

Pedagang juga memberi kan system pelayanan dengan cara memesan pada malam hari dan dikirim sebelun jam 10 pagi, sehingga bahan-bahan makanan pokok masih dalam keadaan fresh.

 

Pemesanan tidak di batasi, tetapi ada beban ongkos kirim yang memang di bebankan kepada pembeli. Karena wilayah pemasaran nya tidak terlalu jauh, sehingga beban pengiriman tidak terlalu besar.

 

Pedagang ini masih berskala Kecil/UKM, sehingga mereka membatasi pemesanan max 30 orang. Karena pembelanjaan dan pengiriman masih dilakukan Sendiri/Mandiri.

 

Adapun kendala yang sering di alami  pedagang, adalah dengan tidak tersedianya barang, harga yang mulai naik, kerena ini perputaran nya  setiap hari. Maka dari itu membutuhkan modal yang safety.

 

Keutungan dari system penjualan ini, barang selalu habis. Karena menyediakan sesuai dengan pemesanan, dan pedagang pun jadi bisa lebih prepare terhadap waktu mereka untuk jualan.

 

Keuntungan untuk konsumen, harga tidak terlalu jauh dengan harga pasar. Belanja jadi lebih mudah, kerena sesuai dengan keinginan kita dan barang masih segar diantar pagi hari.

 

Pemasaran dalam system online masih cukup menjanjikan untuk terus dikembangkan.

Penulis adalah mahasiswa STEI SEBI


0/Post a Comment/Comments