Menjaga Imunitas tubuh ditengah Pandemi Covid-19

Menjaga Imunitas tubuh ditengah Pandemi Covid-19

(Oleh:Lu’lu Dzahidah,Mahasiswi STEI SEBI)


Seperti yang kita ketahui sampai saat ini belum adanya obat atau vaksin untuk melindungi atau mengobati  Infeksi Virus Corona (Covid-19), Sedangkan pasien yang terindikasi virus tersebut terus bertambah setiap harinya,berdasarkan data yang terdapat di situs covid.19.go.id . Minggu (10/5/2020) kasus positif Corona tercatat 14.032. 2,698 orang sembuh, dan 973 orang meninggal. Oleh karena itu kita harus melakukan tindakan pencegahan yaitu dengan mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah dalam menghadapai pandemi Covid-19, Serta Menjaga Kebersihan dan meningkatkan Sistem Imun di tubuh kita,Dikutip dari web parenting.orami.co.id  bahwasannya “sistem imun adalah pelindung vital bagi tubuh untuk dapat melawan penyakit dan sebagai mekanisme alami untuk melawan ancaman dari masuknya benda asing dari luar seperti virus,bakteri dan jamur. Bila daya tahan tubuh lemah maka benda asing akan mudah masuk sehingga menyebabkan mudah terkena infeksi dan muncul beberapa gejala misalnya bersin,deman dan lainnya.”  Jadi ditengah kondisi saat ini,selain menjaga kebersihan dan membiasakan diri melakukan pola hidup yaang sehat,kita juga harus menjaga imunitas tubuh kita agar tetap fit dagar tidak mudah terinfeksi oleh serangan virus dan bakteri dari luar. Nah berikut adalah Tips bagaimana cara menjaga Imunitas Tubuh  Dilansir dari situs cnnindonesia.com. :


-Mengkonsumsi Protein lebih banyak.


Fungsi protein yaitu untuk menjaga metabolisme dalam tubuh,sebagai pembentuk antibodi      serta sebagai sumber energi bagi tubuh. Makanan yang mengandung protein Seperti kacang- kacangan, Daging sapi,daging ayam,susu sapi,susu kambing,telur dll.


-Mengkonsumsi Buah dan Sayur lebih banyak.


Karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin sendiri maka kita harus mengkonsumsi sayur dan buah,karena sayur dan buah kaya akan vitamin dan mineral serta sebagai sumber utama anti oksidan.


-Tidur Cukup (8 Jam).


Istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Kurang tidur membuat kadar gula darah kita lebih tinggi dari batas normal akibatnya akan lebih rentan terserang diabetes dan diduga  lebih rentan membuat tubuh kita terserang dari penyakit. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membuat kita tetap aktif sepanjang hari, dan dapat meningkatkan suasana hati.


-Rutin Berolahraga.


Olahrga yang teratur dapat membuat tubuh kita menjadi sehat dan aktif serta dapat memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lancar. Banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan dirumah seperti gerakan squat,push up,jumping jack,shit up,yoga,lari ditempat. Olahraga ini dapat dilakukan 15-30 menit secara rutin selama 4-5x dalam seminggu.


-Berjemur dibawah Sinar Matahari.


Sinar matahari akan membatu tubuh untuk meproduksi vitamin D, berjemur dibawah sinar matahari dapat dilakukan selama 15 menit,waktu terbaik untuk berjemur yaitu Pukul 09.00-11.00 WIB. Lakukanlah dihalaman rumah dan jauh dari keramaian.


-Pastikan Air putih tercukupi.


-Minum Campuran Jahe dan Lemon.


Detoks Air lemon dan Jahe dapat membantu pencernaan,meningkatkan sistem kekebalan tubuh,meningkatkan fungsi hati, serta menurunkan berat badan.

 

Berikut adalah tips yang bisa dicoba untuk menjaga imunitas tubuh kita saat ini, Stay Safe dan Mari untuk tetap #dirumahaja.

 

Sumber :

http://promkes.kemkes.go.id/?p=8855

https://www.alodokter.com/9-manfaat-istirahat-dan-tidur-yang-cukup

https://www.cnnindonesia.com/longform/gaya-hidup/20200313/laporan-mendalam-rumus-melawan-virus/index.html

https://parenting.orami.co.id/magazine/cara-meningkatkan-imunitas-tubuh/

 

 


0/Post a Comment/Comments