Hikmah Qurban dan Keutamaannya

Hikmah Qurban dan Keutamaannya
Oleh Yanti Afrianti


Sekitar satu bulan mendatang, umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Iduladha 2020. Hari Raya Idul Adha jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Pada kalender masehi tahun ini, Hari Raya Iduladha 2020 diperkirakan jatuh pada 31 Juli.

 

Hari Raya Idul Adha juga dinamakan Idul Qurban. Umat muslim diberi kesempatan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melaksanakan qurban. Lantas apa sih hikmah dan keutamaan dari Idul Qurban itu sendiri?

 

Hikmah Qurban Dan Keutamaannya:

1. Mensyukuri Nikmat Allah

Tentunya kamu sudah tahu bahwa kita semua sangat dianjurkan untuk mensyukuri setiap nikmat yang telah diberikan Allah pada kita. Salah satu bentuk wujud syukur tersebut adalah dengan Qurban. Hal ini juga dilakukan agar kita semua yang beragama muslim ingat akan nikmat-nikmat Allah kepada Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS. Selain untuk mensyukuri nikmat Allah, menyembelih hewan qurban juga akan mengajarkan kita semua untuk menjadi pribadi yang sabar dan penuh penerimaan.

 

2. Memperbanyak Rizki

 

Allah telah berjanji bahwa siapa yang mau berbagi, bersedekah dan membuat orang lain bahagia, Ia akan melimpahkan rizki untuknya dan juga pahala yang tak terhingga. Seseorang yang mau dengan ikhlas menyembelih hewan qurban, ia pun akan dicintai oleh Allah. “Tidaklah manusia melakukan amal di hari nahr (Hari Raya Idul Adha) yang lebih dicintai Allah dibanding memotong hewan qurban. Sesungguhnya, ia akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, bulu dan telapak kakinya. Sesungguhnya, sebelum darahnya jatuh ke tanah, ia telah sampai kepada Allah. Mari dari itu, tunaikanlah dengan jiwa yang senang.” (HR. Tirmidzi).

 

3. Berbagi Dengan Sesama

Keutamaan selanjutnya dari menyembelih hewan qurban adalah agar kita semakin ikhlas untuk berbagi dengan sesama. Allah SWT selalu menganjurkan hambanya untuk mau saling berbagi rizki dan kebahagiaan dengan sesama. Dan ketika kita mau melakukannya, kita pun akan diberikan pahala yang berlipat ganda. Kita pun bisa merasa lebih dekat dengan semua orang juga dengan sang pencipta.

 

Maka dari itu Yuk Ber Qurban !

0/Post a Comment/Comments