Tuesday, June 30, 2020

Syaikh Ahmad Khatib Minangkabau Menengahi Perselisihan Hadratusyaikh Hasyim Asy'ari dengan HOS Tjokroaminoto

Syaikh Ahmad Khatib Minangkabau Menengahi Perselisihan Hadratusyaikh Hasyim Asy'ari dengan HOS Tjokroaminoto




Membaca biografi 100 Ulama Nusantara dI Tanah Suci membuat saya semakin fakir ilmu. Sebab begitu banyaknya informasi-informasi primer (bersumber dari teks-teks Arab) dalam buku tersebut.
Salah satunya adalah, sempat terjadi perselisihan pendapat antara Hadratusyaikh Hasyim Asyari dengan Sarekat Islam pimpinan HOS Tjokroaminoto.
Permulaannya terjadi ketika Sarekat Islam berdiri, Kiai Hasyim menulis risalah Kaff al Awaam, yang di dalamnya mengharamkan organisasi SI bahwasanya organisasi ini sebagai bentuk hizbiyah yang diharamkan.
Padahal SI didirikan untuk menyatukan kalimat umat Islam dalam melawan pemerintah Belanda.
Dari Mekah, Syaikh Ahmad Khatib mengetahui persoalan tersebut karena beliau sangat memperhatikan urusan kaum muslimin khususnya yang terjadi di tanah airnya sendiri.
Maka, Syaikh Ahmad Khatib menulis risalah Tanbih al Anaam fi ar Radd ala Kaff al Awaam kemudian mengirimkannya kepada Kiai Hasyim.
Risalah tersebut berhasil membuat Sang Kiai rujuk dari pengharaman SI. Di kemudian hari, Hadratusyaikh Hasyim Asyari pun mendirikan Nahdlatul Ulama, suatu pengorganisasian/hizbiyah. Hal ini menunjukkan besarnya pengaruh Sang Guru terhadap cakrawala berpikir beliau.
Nukilan peristiwa tersebut dapat dibaca di halaman 309. []

Sumber : FB


Artikel Terkait