Awal Mula Berdirinya Kerajaan Islam Turki Utsmani

Kerajaan Islam Turki Utsmani merupakan salah satu kerajaan Islam terbesar pada waktu itu. Kerajaan Islam Turki Utsmani garis keturunannya terhubung dengan kabilah Turkistan. Mereka pada awalnya berprofesi sebagai pengembala, mereka hidup di wilayah Kurdistan.

Karena akibat dari serangan bangsa Mongolia di bawah pimpinan Jengis Khan terhadap Irak dan wilayah-wilayah timur Asia kecil, maka Sulaiman, kakek dari Utsman, bersama kabilahnya hijrah ke wilayah Anatolia. Pada tahun 1230 M Sulaiman sebagai kepala kabilah meninggal dunia, posisinya digantikan oleh putranya yang bernama Ertugrul. Ertugrul bersama seratus keluarga dan  empat ratus pasukan kuda melanjutkan perjalanannya ke arah barat daya Anatolia. Perjalanan yang dilakukan oleh Ertugrul untuk menghindari serangan-serangan bangsa Mongolia.

(Erdogan bersama pemain serial Dirilis Ertugrul/Turkinesia)


Di tengah perjalanan, tiba-tiba dia mendengar kegaduhan dari jauh. Ketika mendekatinya, dia mendapati pertempuran yang sengit antara kaum muslimin dan pasukan kristen. Pada waktu itu, sisi kemenangan ada di pihak pasukan kristen Byzantium. Melihat pemandangan itu, maka segera saja Ertugrul maju dengan segenap semangat dan keteguhan yang dimilikinya untuk menolong saudara-saudaranya seagama dan seakidah. Pertolongan itu menjadi sebab kemenangan kaum muslimin atas orang-orang Kristen.

Setelah peperangan itu selesai, panglima pasukan Islam dari bani Saljuk memberikan penghargaan kepada Ertugrul dengan sebidang tanah di perbatasan barat Anatolia, sekitar perbatasan Romawi. Selain itu, Ertugrul diberi wewenang untuk memperluas wilayahnya ke arah wilayah kekuasaan Romawi. Dengan Demikian, Kerajaan Saljuk mempunyai sekutu yang kuat dengan kabilah pimpinan Ertugrul untuk melawan Romawi.

Ertugrul bin Sulaiman meninggal dunia pada tahun 699 H (1299 M). Posisinya sebagai pemimpin kabilah digantikan oleh putranya yang bernama Utsman. Utsman bin Ertugrul inilah yang menjadi nisbah (ikon) kekuasaan Daulah Utsmaniyah. 

Sumber : Sejarah Daulah Utsmaniyah karya Ali Muhammad Ash-Shalabi






0/Post a Comment/Comments