Baji Qaid Essebsi, Mantan Presiden Tunisia Menolak Bantuan Miliaran Dolar dari UEA untuk Menyingkirkan Partai An-Nahdah

Baji Qaid Essebsi merupakan mantan presiden Tunisia yang berhaluan liberal. Dia pun pernah menolak bantuan miliaran dolar dari UEA dengan syarat menyingkirkan partai An-Nahdah haluan Ikhwanul Muslimin. Kenapa UEA sangat benci dengan IM, yuk simak opini dari Tengku Zulkifli Usman;

Foto dibawah ini adalah mantan Presiden Tunisia, Baji Qaid Essebsi.
Essebsi adalah Presiden Tunisia ke 5 yang wafat pada tahun lalu secara mendadak saat masih menjabat sebagai Presiden.
Essebsi adalah Ketua Partai Nida Tounes, partai berhaluan liberal tunisia. Beliau sempat absen dari panggung politik tunisia sejak tahun 1990 dan tampil kembali ke panggung politik setelah diktator tunisia Ben Ali ditumbangkan rakyat pada musim semi arab 2011.
Baji Qaid Essebsi adalah negarawan besar tunisia. Walaupun pandangan politik nya beda dengan Ikhwanul Muslimin, tapi jiwa nasionalisme nya luar biasa dalam mencintai negara tunisia.
2018 lalu, UAE sempat menawarkan dia bantuan miliaran dolar, dengan syarat Ikhwanul Muslimin yang saat ini diasosiasikan dengan partai an nahdhah harus di singkirkan dari panggung politik tunisia.
Kita tau, bahwa UAE adalah negara islam paling membenci IM secara keseluruhan bersama Saudi dkk nya. Mereka lah yang mengkudeta Mursi di mesir.
UAE menawarkan uang cash, bantuan triliunan lewat Essebsi agar mau menyingkirkan Partai an nahdhah dibawah pimpinan Prof Rashed Ghanoucci (Ketua DPR Tunisia sekarang).
Saat itu Essebsi berkata kepada UAE, bahwa Tunisia "not for sale" bahwa semua anak bangsa tunisia tidak boleh diperlakukan tidak adil. Essebsi menolak tawaran UAE. UAE kecewa atas sikap Essebsi ini.
Essebsi, walaupun dia liberal dan lawan politik dari Ikhwanul Muslimin, tapi jiwa patriotisme nya luar biasa. Essebsi adalah contoh politisi liberal berkualitas dunia beda dengan liberal liberal KW di berbagai negara yang suka menjual negaranya kepada musuh termasuk liberal indonesia.
Essebsi adalah Negarawan tunisia yang akan selalu dikenang oleh semua anak anak bangsa tunisia sebagai bapak bangsa yang menyatukan. Bapak bangsa yang selalu mengedepankan nasib negara diatas semua kepentingan pribadi dan golongan nya.
Allahu Yarham Baji Qaid Essebsi. Semua dunia islam kehilangan sosok hebat berjiwa besar ini.
Allahummaghfirlahu warhamhu wafihi wa'fu anhu.
Tengku Zulkifli Usman.

Sumber : FB


0/Post a Comment/Comments