Thursday, July 30, 2020

Hakan Fidan, Penjaga Rahasia Erdogan

Beberapa hari yang lalu Presiden Turki, Erdogan meresmikan pembukaan kantor MIT (Badan Intelijen Nasional, Turki) regional Istanbul Turki.


Presiden Erdogan mengatakan Turki bertujuan menjadikan kota Istanbul salah satu kota teraman di dunia dan gedung layanan baru akan membantu MIT mencapai tujuan tersebut.

MIT Turki ini berperan penting dalam dukungan operasional dan Intelijen yang terbukti menjadi game changer dalam konflik Libya. Di mana pasukan GNA Libya dukungan Turki berhasil merebut wilayah-wilayah yang strategis dari tangan pasukan pemberontak Jenderal Haftar dukungan UEA, Rusia, Perancis, dan Mesir.

Kepala MIT ( Milli İstihbarat Teşkilatı ) saat ini adalah Hakan Fidan, ia seorang profesor yang ditempatkan Erdogan sebagai kepala pusat Intelijen Republik Turki. Hakan Fidan pun mempunyai peran sangat penting dalam menggagalkan kudeta militer pada tahun 2016.

"Dia adalah penjaga rahasia saya, dia (bahkan) penjaga rahasia negara," konon pernah diucapkan oleh RTE (Erdogan) atas beliau, dikutip dari status fb Agung Waspodo.

Artikel Terkait