Saturday, July 25, 2020

Khatib Pegang Pedang, bukan hanya di Masjid Hagia Sophia. Di Masjid Umawi Damaskus pun Ada

Pemerintah Turki di bawah Presiden Erdogan mengadakan shalat Jum'at pertama kalinya di Masjid Hagia Sophia setelah hampir satu abad menjadi museum. Umat Islam menyambutnya dengan gembira, bagi umat Islam luar Turki sangat terharu saat menontonnya yang disiarkan secara live.

(sumber dari Fb Agung Waspodo)

Yang menarik perhatian adalah sang Khatib menyampaikan khutbahnya dengan memegang pedang. Itu merupakan sebuah tradisi zaman dulu. 

"Khutbah Jumat telah disampaikan dengan pedang, tanpa gangguan selama 481 tahun. Jika Allah mengizinkan, kami akan melanjutkan tradisi ini mulai sekarang," ujar Ali Erbas seperti dilansir dari laman republika.

Erbas menerangkan, pedang yang dipegang khatib selama menyampaikan khutbah pada sholat Jumat adalah simbol penaklukan. "Ini adalah tradisi di masjid-masjid yang merupakan simbol penaklukan," ujar Erbaş, yang menambahkan Masjid Hagia Sophia adalah salah satu simbol penaklukan tersebut. (republika)

Khatib di masjid Umawi Damaskus Suriah pun sama memegang pedang saat menyampaikan khutbahnya. Sementara di beberapa masjid di Indonesia, beberapa khatib memegang tombak saat menyampaikan khutbahnya. 

(sumber dari Twitter Hasmi Bakhtiar)


Artikel Terkait