Saturday, September 12, 2020

Bahrain Mengumumkan Normalisasi dengan Israel, Israel masuk Liga Arab hanya Masalah Waktu?

Setelah UEA secara resmi normalisasi hubungan dengan Israel, pada jumat (11/9) Bahrain mengumumkan mencapai kesepakatan yang ditengahi AS untuk membangun hubungan diplomatik penuh dengan Israel, menurut Kantor Berita Bahrain (BNA).




Perjanjian tersebut diselesaikan selama panggilan telepon antara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa, menurut pernyataan bersama AS-Bahrain-Israel yang diterbitkan di Twitter oleh Presiden AS Donald Trump.

Selama panggilan telepon, Trump meminta Bahrain untuk berpartisipasi dalam upacara penandatanganan perjanjian normalisasi yang akan diadakan di Gedung Putih antara Uni Emirat Arab dan Israel pada 15 September.


Menurut pernyataan itu, "Bahrain menerima" undangan presiden AS ke Gedung Putih "di mana Netanyahu dan Menteri Luar Negeri Bahrain Abdullatif Al Zayani akan menandatangani deklarasi perdamaian."


Akankah perjanjian normalisasi hubungan dengan Israel akan diikuti oleh Oman dan Arab Saudi dalam waktu dekat? Isu Palestina-Israel tidak seksi lagi, Israel masuk dalam Liga Arab hanya masalah waktu.


Diolah dari Anadolu Agency dan Saief Alemdar.

Artikel Terkait